Punya Bayi Hamster? Begini Cara Merawatnya Agar Tetap Hidup


Pertanianku — Apakah Anda memelihara hamster di rumah dan baru saja ia melahirkan bayi-bayi yang lucu? Kehadiran bayi-bayi hamster itu mungkin akan membuat Anda sedikit kebingungan tentang perawatannya. Tapi jangan khawatir, ada beberapa tips merawat bayi hamster agar bisa bertahan hidup.

tips merawat bayi hamster
Foto: Google Image

Bayi hamster membutuhkan banyak perhatian dan perlakuan istimewa. Berikut ini beberapa tips cara merawat bayi hamster yang baik dan benar.

  1. Pastikan kandang bebas dari mainan

Angkat setiap mainan dari kandang. Induknya mungkin saja tidak sengaja menyakiti atau membunuh bayi hamster jika mainan masih berserakan di dalam kandang.

  1. Pastikan sarang telah dibangun

Ketika induk hampir siap untuk melahirkan, ia akan membangun sarang sendiri untuk berkembang biak. Oleh karena itu, tidak perlu menambahkan kandang tambahan atau memindahkan bayi ke tempat yang aman.

  1. Biarkan induk dan anak sendirian

Untuk minggu pertama, terus isi botol air dan hidangan makanan tetapi usahakan tidak mengganggu induk dan bayi yang baru lahir itu. Pastikan tidak ada gangguan dari luar dalam bentuk apa pun. Jangan pegang bayi selama 2 minggu setelah kelahiran. Jangan membersihkan kandang mereka selama 2 minggu.

Bayi akan telanjang dan buta selama dua minggu sehingga mereka akan tinggal di sarang mereka untuk tetap hangat dan aman. Setelah seminggu, mereka akan mulai merangkak di sekitar kandang (masih buta). Lalu, pada akhirnya mereka akan cukup besar untuk makan dan minum sendiri.

Jika bayi baru lahir tidak minum dengan cukup, berikan seledri. Pastikan ada tambahan makan bergizi untuk bayi sebagai camilan jika mereka tidak bisa makan makanan padat.

  1. Pastikan nutrisi induk mencukupi

Pastikan induk mendapat makan yang cukup. Anda dapat memilih makanan segar seperti rumput khusus hamster, wortel, dan makanan lainnya, namun Anda masih bisa memberinya makanan hamster.

  1. Memisahkan bayi
Baca Juga:  Ikan Hias Discus Bisa dengan Mudah Dibudidayakan di Indonesia

Untuk jenis hamster suriah, Anda perlu memisahkan bayi setelah sekitar tiga atau empat bulan, atau mereka akan mulai bertarung. Sebaliknya, jika yang Anda miliki hamster kerdil, Anda dapat meninggalkan mereka bersama-sama. Sementara, jika Anda tidak ingin hamster memiliki bayi dalam waktu dekat, sebaiknya pisahkan hamster sesuai jenis kelaminnya di kandang yang berbeda.

loading...
loading...