Punya Toples Bekas? Jadikan Media Tanam Hidroponik Saja


Pertanianku — Apakah di rumah Anda ada banyak toples kaca yang tak terpakai? Jika ya, coba kreasikan toples tersebut jadi sesuatu yang berguna, misalnya sebagai media tanam hidroponik.

media tanam hidroponik
Foto: Shutterstock7

Toples kaca kerap digunakan sebagai wadah aneka kue atau permen. Tapi tahukah Anda, toples juga berguna sebagai salah satu media yang dibutuhkan untuk kegiatan berkebun.

Ya, Anda dapat berkebun hidroponik dengan sistem wick menggunakan toples kaca yang menumpuk dan tak terpakai tersebut. Teknik hidroponik dengan sistem wick sangat sederhana sehingga cocok dilakukan oleh pemula yang tertarik dengan kegiatan bertanam.

Dilansir dari laman bebeja, teknik hidroponik memakai toples kaca ini memang sangat Mudah dan sederhana tentunya. Toples tersebut hanya cukup diisi larutan nutrisi AB dengan komposisi separuh tinggi toples.

Selanjutnya, tanaman hidroponik seperti sayuran selada yang benihnya ditumbuhkan terlebih dahulu memakai media tanam rockwool bisa dipindahkan ke toples. Benih ditaruh dalam netpot yang nantinya disangkutkan ke mulut toples.

Nah, agar nutrisi terserap akar, bagian dasar netpot diberi kain flanel yang menyentuh larutan nutrisi. Nah, hidroponik toples kaca pun dapat ditaruh di tempat yang Anda sukai.

Untuk pemeliharaan, cek akar tanaman. Tanda akar sehat, yaitu berwarna hijau kekuningan. Jika akar berwarna kuning, tanaman kurang sehat dan tidak mampu menyerap nutrisi dengan baik.

Selain itu, cek kadar nutrisinya. Pertumbuhan tanaman sangat tergantung pada kadar pupuk di dalam air dan kecepatan penyaluran air pupuk ke akar. Cek pula jumlah air yang ada dalam toples. Pastikan air tersedia 3/4 volume toples.

Baca Juga:  Nelayan Dijanjikan Lebih Mudah Tangkap Ikan dengan Aplikasi