Pupuk Organik untuk Tanaman Jahe

Pertanianku — Untuk membuat tanah pertanian menjadi subur dan layak ditanami bibit jahe, lahan harus diberikan pupuk yang dapat menyuplai kebutuhan unsur hara dan membuatnya menjadi lebih gembur. Ada banyak pupuk organik yang bisa digunakan untuk menanam jahe.

pupuk ogrnaik
foto: pixabay

Pada dasarnya, fungsi pupuk adalah untuk menggemburkan tanah dan tanaman itu sendiri. Selain itu, pupuk berfungsi sebagai penyedia unsur hara. Tanah yang diberikan pupuk organik dapat mengalami perbaikan struktur serta menambah oksigen di dalam tanah.

Pupuk organik digunakan sebagai pupuk dasar yang berfungsi menyuburkan tanah. Biasanya petani jahe lebih sering menggunakan pupuk kandang sebagai pupuk dasar, tetapi hal tersebut tidak mutlak. Yang terpenting, pupuk yang digunakan sudah matang. Anda bisa mendapatkannya di toko-toko pertanian terdekat, salah satunya di Toko Trubus.

Loading...

Toko Trubus sebagai solusi pertanian, menyediakan berbagai keperluan bertanam. Mulai dari pupuk, media tanam, benih dan bibit tanaman, serta perlengkapan berkebun lainnya. Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa menghubungi WhatsApp admin Toko Trubus atau mengunjungi langsung Toko Trubus terdekat di kota Anda.

Pupuk organik yang bisa digunakan untuk menanam jahe antara lain pupuk hijau, humus, kompos, dan pupuk kandang.

Pupuk hijau

Pupuk hijau merupakan pupuk yang berasal dari tanaman atau hijauan. Bagian yang diambil untuk dijadikan pupuk adalah dedaunan, tangkai, dan batang yang masih muda. Pupuk hijau lebih bagus berasal dari tanaman yang mengandung bakteri Rhizobium yang menempel pada akar tanaman tersebut. Bahan-bahan yang digunakan adalah daun trembesi, orok-orok, lumut, dan ganggang.

Humus

Humus merupakan lapisan tanah yang terjadi akibat proses pembusukan secara alami dari sisa-sisa tumbuhan. Sisa tumbuhan tersebut bisa berupa daun, akar, cabang, dan batang. Semua bagian tersebut sudah mengalami pembusukan yang dibantu oleh mikroorganisme pembusuk yang berada di dalam tanah dan cuaca.

Baca Juga:  Langkah Mudah Menanam Terung dengan Secara Organik

Pupuk kompos

Pupuk kompos merupakan hasil pelapukan dari bahan-bahan seperti dedaunan, jerami, alang-alang, rumput, kotoran hewan, sampah kota, dan lain-lain. Proses pelapukan ini disebut dengan pengomposan. Pengomposan akan berlangsung lebih cepat jika bakteri pengurai yang digunakan diperbanyak jumlahnya. Oleh karena itu, terkadang petani memberikan zat perangsang unuk menambah jumlah bakteri.

Pupuk kandang

Pupuk kandang berasal dari kotoran ternak yang padat dan bercampur dengan sisa makanan serta air kencing ternak. Mikroorganisme yang terdapat di dalam komponen akan membuat kotoran menjadi lapuk dan bisa digunakan untuk menyuburkan tanah dan tanaman.

 

Loading...
Loading...