Pupuk yang Dapat Membuat Durian Berbuah di Luar Musim

Pertanianku— Durian terkenal sebagai buah musiman yang akan berbunga pada awal musim hujan, selanjutnya membentuk buah dan baru bisa dipanen setelah 90—140 hari kemudian. Namun, saat ini durian sudah bisa diatur untuk berbuah di luar musim. Cara membuat pohon durian berbuah di luar musim bisa dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya dengan menggunakan pupuk.

durian berbuah di luar musim
foto: Toko Trubus

Tanaman durian bisa diinduksi untuk berbuah di luar musim dengan menggunakan kombinasi pemupukan yang tepat dan ditambahkan zat pengatur tumbuh. Cara ini dapat berhasil apabila tanaman durian yang akan dirangsang sedang dalam kondisi sehat, tanaman sudah pernah berbunga, dan tidak dalam fase pertumbuhan tunas serta daun baru.

Tanaman durian yang sehat ditandai dengan percabangan merata, daun tanaman hijau tua dan mengilap, serta tanaman tidak terserang oleh hama dan penyakit. Tanaman yang sehat berasal dari benih yang sehat. Oleh karena itu, pastikan benih durian yang Anda gunakan merupakan benih yang sehat dan bagus.

Jika Anda sudah yakin tanaman dalam kondisi yang siap diinduksi, langkah selanjutnya adalah pemberian pupuk. Tanaman yang akan diinduksi pembungaan harus mendapatkan pupuk P dan K yang cukup banyak. Penambahan pemupukan tersebut harus dilakukan sekitar 1—2 bulan sebelum induksi pembungaan.

Setelah tanaman siap, Anda bisa mengaplikasikan ZPT (zat pengatur tumbuh) yang tergolong retardant atau penghambat pertumbuhan. ZPT tersebut berguna untuk mengurangi serapan unsur N dan menghambat pertumbuhan vegetatif tanaman. Selanjutnya, akan terjadi penumpukan karbohidrat pada pucuk batang yang dapat meningkatkan nisbah C/N. Kondisi tersebut dapat memicu pembungaan.

Dosis ZPT yang diberikan pada tanaman durian harus tepat, tidak boleh kurang atau berlebihan. ZPT yang sudah diaplikasikan ke tanaman bisa bertahan cukup lama. Oleh karena itu, jika dosis yang digunakan berlebihan, dikhawatirkan dapat menghambat pertumbuhan tanaman dalam jangka waktu yang panjang.

Baca Juga:  Pengendalian OPT Ramah Lingkungan di Kampung Cabai

Salah satu jenis ZPT yang bisa digunakan untuk pembungaan adalah PBZ atau Paclobutrazol. Saat ini sudah banyak merek yang menjual ZPT PBZ. Anda bisa menggunakan larutan PBZ dengan konsentrasi hingga 1.000 ppm dengan cara dikocor di sekitar batang tanaman. Namun, cara ini hanya efektif jika dilakukan pada musim kering.

Zat lain yang bisa digunakan adalah ekstrak rumput laut cokelat. Ekstrak tersebut bisa diaplikasikan setiap minggu dengan konsentrasi 1,5 mg/liter air hingga tanaman mulai berbunga.

Untuk kebutuhan bertanam durian dan memacu pertumbuhannya, Anda bisa mendapatkannya di Toko Trubus. Anda bisa mengunjungi lokasi Toko Trubus terdekat di kota Anda ataupun mengakses melalui website www.tokotrubus.co.id untuk mendapatkannya secara online. Sebagai solusi pertanian, Toko Trubus menyediakan beragam ZPT (zat pengatur tumbuh) yang siap Anda gunakan. Untuk informasi dan konsultasi lebih lanjut, Anda bisa langsung menghubungi WhatsApp admin Toko Trubus.