Pupuk yang Dibutuhkan Jambu Air Madu Deli untuk Menghasilkan Buah yang Lebat

Pertanianku — Tujuan akhir dari menanam pohon jambu air madu deli tentunya adalah buahnya yang manis dan menyegarkan.Tanaman jambu air yang dirawat di pekarangan ataupun di dalam pot membutuhkan asupan nutrisi dari pupuk yang diberikan secara rutin. Pupuk tersebut bisa mendukung tanaman untuk tumbuh dan berbuah dengan lebat.

jambu air madu deli
foto: pertanianku

Pohon jambu air madu deli sudah bisa berbuah sejak berumur satu tahun. Namun, pohon yang masih berumur setahun masih dalam tahap ‘belajar berbuah’. Untuk tahap pembuahan normal pada pohon jambu air madu deli, baru terjadi setelah pohon berumur dua tahun ke atas. Pada saat itu, pohon sudah bisa menghasilkan buah yang bagus dan tingkat produksi tinggi.

Pemberian pupuk tanaman buah ini terbagi menjadi dua fase, yaitu fase vegetatif dan fase generatif.

Loading...

Pada fase vegetatif, pohon membutuhkan unsur hara Nitrogen agar bisa tumbuh berkembang. Ketika pohon masih berumur 0 sampai 2 tahun, pupuk yang diberikan pada tanaman difokuskan untuk mendukung pertumbuhan. Untuk pohon yang masih berumur 0—6 bulan masih bisa diberikan pupuk NPK seimbang dengan perbandingan kadar 16-16-16.

Sementara itu, untuk pohon yang sudah berumur 6 bulan hingga 2 tahun, pohon diberikan pupuk NPK dengan kadar nitrogen yang lebih tinggi, misalnya pupuk NPK dengan kadar 31-10-10 yang sudah banyak dijual di toko-toko pertanian.

Tanaman yang sudah berumur dua tahun sudah bisa diberikan pupuk yang difokuskan untuk mendukung pembuahan tanaman. Kandungan yang sangat dibutuhkan dalam pupuk untuk pembuahan adalah kalium dan fosfat.

Pupuk untuk pembuahan bisa diberikan untuk tanaman yang sudah tumbuh dengan bagus, sehat, dan sudah siap untuk berbuah. Namun, kadang ada pohon jambu air madu deli yang sudah mengalami pembungaan saat masih berumur 1—2 tahun. Fenomena tersebut memang bisa saja terjadi jika fase pertumbuhan dari 0 sampai 2 tahun terjadi dengan subur.

Baca Juga:  Kelebihan Jambu Air Madu Deli, Jambu Semanis Madu Tidak Berbiji

Dari segi pemupukan, pohon jambu air ini memang tidak begitu sulit. Teknik pemupukan yang digunakan pun sederhana seperti pemupukan pohon buah lainnya. Pohon buah ini juga tidak memerlukan zat perangsang tumbuh untuk menghasilkan buah.

Untuk kebutuhan pemupukan jambu air madu deli yang lengkap, Anda bisa langsung mendapatkannya di Toko Trubus. Sebagai solusi pertanian, Toko Trubus menyediakan beragam kebutuhan sarana produksi pertanian, mulai dari bibit dan benih beragam tanaman, media tanam, pupuk, pestisida, dan perlengkapan berkebun lainnya. Pada September ini ada promo menarik untuk pembelian jambu air madu deli di Toko Trubus. Segera hubungi WhatsApp admin Toko Trubus atau kunjungi langsung Toko Trubus terdekat di kota Anda.

Loading...
Loading...