Pupuk yang Dibutuhkan Mangga Chokanan agar Berbuah Lebat

Pertanianku—Mangga chokanan membutuhkan pupuk untuk tumbuh subur sehingga bisa berbuah lebat. Pupuk yang dibutuhkan disesuaikan dengan cara menanam yang digunakan, yaitu di lahan atau di pot. Pupuk mangga chokanan bisa berupa pupuk organik ataupun anorganik, bergantung pada kebutuhan Anda.

pupuk mangga chokanan
foto: pertanianku

Pemberian pupuk pada mangga chokanan juga berfungsi untuk menumbuhkan buah yang sehat dan tidak cacat. Pupuk mangga chokanan dibedakan berdasarkan fase pertumbuhannya, yaitu fase vegetatif dan fase generatif.

Fase vegetatif berlangsung selama lebih kurang 1 tahun setelah bibit ditanam. Anda bisa memberikan pupuk NPK pada pohon mangga yang ditanam di lahan. Frekuensi pemberiannya setiap dua bulan sekali dengan dosis 1 sendok teh.

Loading...

Selain itu, berikan pupuk kandang kotoran sapi setiap enam bulan sekali dan berikan pupuk daun dengan kadar N yang tinggi setiap dua minggu sekali. Pemberian pupuk daun bisa disesuaikan dengan merek yang digunakan. Biasanya, anjuran penggunaan tertera pada kemasan. Sebagai tambahan, Anda bisa memberikan air rendaman pupuk kandang sapi setiap satu bulan sekali.

Jika Anda menanam di dalam pot, dosis pupuk NPK disesuaikan dengan diameter pot yang digunakan. Jika pot berdiameter 40 cm dengan bibit kecil, NPK yang dibutuhkan sebanyak 1 sendok teh. Untuk pot berdiameter 60 cm, pupuk NPK yang diberikan 1 sendok makan. Selebihnya, takaran pupuknya sama seperti mangga chokanan yang ditanam di lahan. Bedanya, pemberian pupuk juga diiringi dengan penambahan media tanam.

Setelah tanaman memasuki masa generatif atau sekitar 1—2 tahun setelah tanam, tanaman membutuhkan pupuk NPK dengan perbandingan P dan K yang tinggi. Pemupukan NPK diberikan setiap dua bulan sekali dengan dosis 1 sendok makan atau disesuaikan dengan besar dan umur tanaman.

Baca Juga:  Nangka Bulat Mini, Varietas Nangka dengan Getah Buah Sedikit

Anda juga bisa memberikan pupuk rendaman yang terbuat dari kotoran sapi, daun paitan, dan bonggol pisang yang dikocorkan setiap satu bulan sekali. Pupuk kandang juga perlu diberikan setiap enam bulan sekali.

Untuk mangga chokanan yang ditanam di dalam pot, setelah berumur 2 tahun ke atas tetap membutuhkan pupuk NPK dengan perbandingan 16-16-16. Namun, saat sudah mendekati masa pembungaan, tanaman membutuhkan kandungan P dan K yang lebih tinggi.

Saat sudah berbunga, berikan pupuk kalium yang dicampur magnesium dan sedikit kalsium. Gunakan dosis sesuai dengan anjuran yang biasanya tertera pada kemasan. Siramkan pupuk tersebut sebanyak 1 liter per pot untuk pot berdiameter 40 cm dan 2 liter per pot untuk pot berdiameter 60 cm.

Selanjutnya, mangga chokanan yang ditanam di dalam pot juga membutuhkan pupuk organik rendaman. Dosisnya sebanyak 2 liter per pot untuk pot berdiameter 40 cm dan 3 liter untuk pot berdiameter 60 cm yang dilakukan satu atau dua bulan sekali.

Untuk mendapatkan mangga chokanan dan pupuk agar cepat berbuah, Anda bisa langsung menghubungi Toko Trubus terdekat di kota Anda. Selain itu, Anda juga bisa membelinya secara online melalui website Toko Trubus dan Tokopedia. Kabar baiknya, Juli ini ada promo diskon 20% untuk pembelian produk mangga chokanan di Toko Trubus. Segera hubungi Toko Trubus untuk solusi kebutuhan pertanian Anda!

Loading...
Loading...