Pupuk yang Dibutuhkan oleh Tabulampot Mangga Alpukat

Pertanianku — Tabulampot mangga alpukat membutuhkan pupuk sebagai sumber nutrisi sehingga pemberian pupuk untuk tabulampot harus dilakukan secara rutin. Pasalnya, tanaman tidak bisa mencari zat hara jika tidak diberikan melalui pupuk karena pergerakan akar yang dibatasi oleh pot. Oleh karena itu, jika Anda ingin tabulampot berbuah dengan lebat, jangan pernah menyepelekan pemberian pupuk.

mangga alpukat
foto: pertanianku

Pada dasarnya, pemupukan terbagi menjadi dua tahap, yakni vegetatif dan generatif. Fase vegetatif merupakan fase pertumbuhan tanaman dari bibit hingga berumur lebih kurang 1 tahun. Sementara itu, fase generatif terjadi pada saat tanaman sudah siap melakukan pembungaan dan pembuahan.

Fase vegetatif

Loading...

Pada masa pertumbuhan vegetatif, bibit tanaman perlu diberikan pupuk NPK setiap dua bulan sekali dengan dosis rendah. Misalnya, untuk pot berdiameter 60 cm, pupuk NPK yang diberikan cukup 1 sendok makan.

Selain itu, tabulampot juga perlu diberikan pupuk organik setiap 1 bulan sekali dan pupuk kandang setiap 6 bulan sekali saat penggemburan media dan penambahan media tanam. Tabulampot juga perlu diberikan pupuk daun setiap 2 minggu sekali dengan dosis yang dianjurkan.

Fase generatif

Mangga alpukat biasanya sudah memasuki fase generatif saat sudah berumur 2 tahun ke atas. Pada saat itu pohon membutuhkan pupuk NPK dengan komposisi 16-16-16. Saat tanaman memasuki masa pembungaan, pemberian pupuk NPK diganti dengan kandungan P dan K yang lebih tinggi dibandingkan N-nya.

Saat sudah berbunga, Tanaman perlu diberikan pupuk kalium yang dicampur dengan pupuk magnesium dan sedikit kalsium, dosis yang digunakan harus sesuai dengan anjuran yang tertera pada kemasan. Pupuk campuran tersebut diberikan dengan cara disiramkan ke tanaman sebanyak 1 liter untuk tanaman yang menggunakan pot berukuran 40 cm dan 2 liter per pot untuk pot berukuran 60 cm.

Baca Juga:  Cara Mengatasi Tanaman Buah yang Tidak Kunjung Berbuah

Anda juga bisa memberikan pupuk organik sebanyak 2 liter per pot untuk tanaman yang ditanam di dalam pot yang berukuran 40 cm dan 3 liter per pot untuk pot yang berukuran 60 cm setiap 1 hingga 2 bulan sekali.

Untuk bertanam mangga alpukat, Anda bisa mendapatkan bibit mangga alpukat unggul di Toko Trubus. Pada Agustus ini ada diskon 20% untuk pembelian mangga alpukat di Toko Trubus. Selain bibit, Toko Trubus juga menyediakan berbagai kebutuhan berkebun di pekarangan seperti media tanam, pot, pupuk, pestisida, dan perlengkapan lainnya. Segera hubungi WhatsApp admin Toko Trubus atau kunjungi langsung Toko Trubus terdekat di kota Anda.

Loading...
Loading...