Pupuk yang Dibutuhkan untuk Tanaman Sayur di Polibag

Pertanianku — Tanaman yang ditanam di dalam polibag atau wadah lainnya harus diberikan pupuk secara rutin karena akar tanaman tidak bisa mendapatkan pasokan makanan dari mana-mana. Tidak seperti tanaman yang ditanam di lahan, akar tanaman masih bisa menjangkau pasokan makanan lebih luas. Pupuk tanaman sayur di polibag pada dasarnya sama seperti tanaman yang ditanam di lahan.

pupuk tanaman sayuran
Foto: Dok. Pertanianku

Pupuk yang diberikan bisa berupa pupuk organik atau anorganik sesuai dengan tujuan budidaya yang Anda lakukan. Anda bisa menyesuaikan jenis pupuk dengan jenis tanaman sayuran yang digunakan. Berikut ini ulasan lebih lanjut mengenai pupuk yang dibutuhkan untuk tanaman sayur di polibag.

Pupuk untuk tanaman sayuran daun

Loading...

Tanaman sayuran daun adalah sayuran yang dimanfaatkan bagian daunnya seperti bayam, kangkung, katuk, sawi, dan selada. Anda membutuhkan pupuk yang dapat membuat daun tanaman menjadi lebat, berwarna hijau segar, serta tekstur daun yang renyah. Sayuran daun pada umumnya dapat dipanen lebih cepat dibanding sayuran daun, tanaman sudah bisa dipanen sekitar 30—60 hari.

Pupuk untuk tanaman daun diberikan melalui media tanaman pada saat proses penanaman. Namun, tak jarang banyak yang melakukan pemupukan susulan pada pertengahan umur tanam.

Jenis pupuk yang bisa diberikan untuk sayuran daun adalah pupuk yang mengandung unsur nitrogen (N) yang tinggi seperti pupuk urea, Gandasil, dan Atonik. Komposisi NPK yang dibutuhkan adalah 25-7-7. Sementara, untuk pupuk organik, Anda bisa menggunakan pupuk kandang atau pupuk cair organik.

Pupuk untuk tanaman sayuran buah

Tanaman buah terdiri atas cabai, tomat, terong, dan lain-lain. Pupuk yang dibutuhkan untuk tanaman buah tersebut adalah kompos, pupuk majemuk (NPK) atau campuran pupuk urea, TSP, dan KCL dengan perbandingan 1:1:1. Anda juga bisa memberikan pupuk kandang atau pupuk kompos yang sudah matang.

Baca Juga:  Ciri-ciri Bibit Jamur Bermutu Bagus

Saat tanaman masih kecil, unsur nitrogen (N) sangat dibutuhkan dalam jumlah banyak sehingga komposisi NPK yang dibutuhkan adalah 25-7-7. Sementara, saat tanaman memasuki masa generatif atau masa pembuahan dan pembungaan, unsur K sangat diperlukan sehingga NPK yang dibutuhkan adalah 15-10-20.

 

 

 

 

Loading...
Loading...