Racikan Masker Pare Buat Wajah Lebih Bersinar


Pertanianku — Pare tak hanya enak untuk dikonsumsi sebagai tumisan dan lainnya. Sayuran yang memiliki rasa pahit ini juga ternyata bisa bermanfaat untuk kecantikan sebagai masker wajah. Racikan masker pare memiliki khasiat yang cukup beragam mulai dari melembutkan, menyehatkan, dan mengencangkan bahkan membuat kulit bersinar.

racikan masker pare
Foto: Pixabay

Dilansir dari boldsky, berikut ini beberapa racikan masker berbahan dasar pare yang bisa Anda buat di rumah.

  1. Masker pare, jeruk nipis, dan tomat

Racikan masker antara pare, jeruk nipis, dan tomat dapat ini membantu mengecilkan pori-pori, mengusir jerawat dan membuat kulit lebih bercahaya. Untuk membuatnya, cukup mudah, yaitu campur tomat, air jeruk nipis dan pare dalam blender, dan haluskan. Oleskan masker ke seluruh bagian wajah dan leher. Biarkan semalaman hingga kering dan menyerap. Pagi harinya, cuci muka dengan air hangat hingga bersih.

  1. Masker pare, lidah buaya, dan madu

Lidah buaya mengandung nutrisi untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari dan mengobati iritasi kulit. Sementara, madu kaya akan anti-oksidan, antibakteri, sekaligus anti-aging (penuaan). Untuk mendapatkan beragam manfaat tersebut, Anda bisa mencampur 3—4 iris pare dengan lidah buaya dan madu. Oleskan secara merata pada wajah dan diamkan 10—15 menit sebelum dibilas.

  1. Masker pare dan kulit jeruk

Kulit jeruk mengandung banyak manfaat untuk kecantikan. Salah satunya, membersihkan sisa kotoran dan mengontrol produksi minyak pada kulit wajah. Anda bisa meracik masker alami dari pare dan kulit jeruk ini. Caranya, campur pare dan kulit jeruk, lalu blender hingga halus. Oleskan pada wajah sambil pijat perlahan selama 10 menit. Setelah itu, cuci dan bersihkan wajah dengan air hangat.

  1. Masker pare, kuning telur, dan yoghurt
Baca Juga:  Manfaat Mengejutkan Daun Kersen untuk Kesehatan

Kuning telur mengandung nutrisi yang baik untuk kulit dan melembapkan sehingga membuat kulit lembut. Sementara, yoghurt dapat mengangkat sel kulit mati dan mengecilkan pori. Untuk membuat racikan masker ini, campur jus pare dengan yoghurt dan kuning telur. Aduk hingga rata dan aplikasikan sebagai masker wajah. Diamkan selama 25—30 menit, kemudian bilas hingga bersih.

  1. Masker pare dan mentimun

Kandungan air yang sangat banyak pada mentimun bisa menjadi nutrisi yang membuat kulit segar. Campuran pare dan mentimun juga bisa dijadikan masker wajah. Haluskan pare dan mentimun, oleskan pada wajah dan diamkan menyerap selama 10—15 menit. Bilas dengan air dingin.