Ragam Bahan dan Fungsi Minyak Asiri


Pertanianku – Tak ada asap jika tak ada api. Demikian pula dengan fenomena melambungnya harga minyak asiri. Secara ekonomi, melambungnya harga disebabkan oleh banyaknya permintaan konsumen terhadap produk tersebut. Apalagi, berbicara produkasiri bukan hanya berbicara masalah kebutuhan industri lokal dan nasional.

Ragam Bahan dan Fungsi Minyak Asiri

Berbicara kebutuhan minyak asiri adalah membicarakan kebutuhan industri dunia. Di samping produksinya yang belum memenuhi kebutuhan, manfaat minyak asiri memang sangat besar, baik untuk kepentingan di bidang kecantikan dan kesehatan, makanan, maupun industri lainnya.

  1. Farmasi dan kesehatan

Di bidang kesehatan, minyak asiri digunakan sebagai aroma terapi. Aroma yang muncul dari minyak asiri d

apat menimbulkan efek menenangkan yang pada akhirnya dapat digunakan sebagai terapi psikis. Seperti kita ketahui, pengobatan tidak lepas dari penanganan kesehatan psikis atau mental. Dengan pemanfaatan aroma terapi, psikis dibuat lebih tenang dan rileks. Selain menenangkan, zat aktif dalam minyak asiri juga sangat membantu proses penyembuhan karena memiliki sifat antiradang, antifungi, antiserangga, afrodisiak, anti-inflamasi, antidepresi, antiflogistik, dan dekongestan.

  1. Kosmetik

Dalam hal perawatan kecantikan, minyak asiri juga digunakan sebagai campuran bahan kosmetik. Kehadiran minyak asiri dapat memberikan aroma khas pada produk. Beberapa produk kosmetik yang membutuhkan peran asiri untuk memperkuat efeknya yaitu parfum, sabun, pasta gigi,   sampo, lotion, dan deodorant.

Sumber: Buku Memproduksi 15 Minyak asiri berkualitas

Baca Juga:  Pemerintah Jepang Keluarkan Larangan Konsumsi Daging Ayam Mentah
loading...
loading...