Ragam Cara Memberantas Rumput Liar

PertaniankuCara memberantas rumput liar sebenarnya mudah. Tetapi, jenis gulma ini juga bisa tumbuh lagi dengan sangat cepat. Oleh karena itu, ada cara lain yang harus Anda ketahui agar rumput-rumput tersebut bisa diberantas secara maksimal.

Cara memberantas rumput liar
Foto: pixabay

Garam

Penambahan garam ke lahan yang ditumbuhi banyak rumput liar bisa membantu menghambat pertumbuhan rumput tersebut. Cara ini tergolong alami karena garam tidak akan memengaruhi pertumbuhan tanaman lainnya. Selain itu, garam sangat mudah ditemukan karena digunakan sehari-hari sebagai bahan masakan.

Loading...

Cara mengaplikasikan garam untuk memberantas rumput liar cukup mudah. Taburkan garam secukupnya ke rumput liar. Garam akan menyerap kandungan air dari rumput liar dan tanah di sekitarnya. Akibatnya, rumput liar akan kekurangan air dan mati. Namun, cara ini membutuhkan waktu yang cukup lama dalam pengaplikasiannya.

Cuka

Selain garam, cuka juga bisa digunakan untuk memberantas rumput liar. Caranya adalah dengan mencampur cuka dengan sabun pencici piring. Semprotkan pada rumput liar bagian daunnya, hindari penyemprotan pada bagian akarnya. Asam asetat dalam cuka akan mematikan rumput liar. Sementara, sabun cair membuat cuka melekat lebih lama pada daun rumput liar tersebut.

Baking soda

Baking soda bisa digunakan sebagai bahan pembasmi rumput liar. Jika penggunaan bahan-bahan sebelumnya hanya menghilangkan rumput liar secara sementara, baking soda bisa membantu Anda membasmi rumput liar untuk waktu yang lebih lama.

Cara membasmi rumput liar dengan menggunakan baking soda diawali dengan pembuatan pasta baking soda terlebih dahulu. Siramkan pasta tersebut ke rumput liar dan tanah yang ada di sekitarnya. Tingkat keasaman tanah pun akan meningkat sehingga rumput liar musnah.

Belerang

Tak hanya mengatasi penyakit kulit, belerang juga bisa digunakan sebagai pembasmi rumput liar. Caranya, siapkan 3 ons belerang, 4 liter air, 2 kilogram garam, dan 2 botol cuka putih. Seluruh bahan, kecuali cuka putih, kemudian dimasak hingga mendidih. Matikan api dan masukkan cuka putih.

Baca Juga:  Tips Memilih Pot untuk Bertanam Sayuran

Diamkan selama setengah hari atau 12 jam. Semprotkan larutan tersebut ke arah rumput liar yang akan Anda basmi. Cairan ini pun dapat Anda simpan untuk digunakan di lain hari.

Loading...
Loading...