Ragam Fungsi Minyak Atsiri, Minyak dari Tumbuhan

Pertanianku — Ada beberapa macam tanaman yang dapat menghasilkan minyak atsiri yang sering digunakan pada beberapa industri. Salah satu industri yang terkenal membutuhkannya adalah minyak aromaterapi yang digunakan untuk merelaksasi tubuh. Karena fungsi minyak atsiri lebih terkenal untuk menambah aroma, minyak atsiri sering digunakan dalam industri essential oils.

fungsi minyak atsiri
foto: pixabay

Sebenarnya, fungsi minyak atsiri bukan hanya untuk minyak aromaterapi. Ada banyak industri yang membutuhkannya sebagai bahan baku. Oleh karena itu, industri minyak atsiri cukup menjanjikan. Apalagi, di tengah kondisi stok minyak atsiri yang masih terbatas dan belum mampu untuk memenuhi seluruh permintaan yang ada.

Berikut ini beberapa bidang industri yang membutuhkan fungsi minyak atsiri sebagai bahan bakunya.

Loading...

Farmasi dan kesehatan

Di bidang kesehatan, minyak ini berguna untuk aromaterapi. Aroma yang muncul pada beberapa produk farmasi berasal dari minyak atsiri yang bisa menimbulkan efek menenangkan sehingga bisa berfungsi sebagai terapi psikis. Pengobatan memang tidak bisa terlepas dari kesehatan psikis atau mental.

Dengan menambahkan minyak yang mampu menimbulkan aromaterapi pada obat, psikis pasien akan menjadi lebih tenang dan rileks. Zat aktif dalam minyak juga bisa membantu proses penyembuhan karena memiliki sifat antiradang, antifungi, antiserangga, afrodisiak, anti-inflamasi, antidepresi, antiflogistik, dan dekongestan.

Kosmetik

Fungsi minyak atsiri digunakan juga dalam bahan campuran untuk membuat kosmetik. Minyak atsiri berfungsi untuk memberikan aroma khas pada produk. Beberapa produk kosmetik yang membutuhkan peran minyak atsiri adalah parfum, sabun, pasta gigi, sampo, losion, dan deodoran.

Selain itu, beberapa produk make up juga menggunakan minyak atsiri untuk menarik perhatian konsumen. Konsumen lebih senang memakai produk make up yang wanginya enak dibanding produk beraroma bahan kimia.

Baca Juga:  Gedebog Pisang, Limbah di Indonesia Berharga Mahal di Amerika

Makanan

Tak hanya menambahkan aroma pada beberapa produk, minyak atsiri juga bisa berfungsi sebagai penambah rasa. Oleh karena itu, minyak ini juga digunakan dalam beberapa resep produk makanan. Minyak atisiri bisa menguatkan aroma dan rasa dari produk makanan tersebut sehingga cita rasa makanan meningkat.

Loading...
Loading...