Ragam Inspirasi Menu Olahan Daging Kambing

    Pertanianku — Menyambut hari raya Idul Adha, berbagai olahan daging kambing siap mengisi menu makan Anda. Biasanya, kambing diolah menjadi beberapa menu andalan seperti sate dan sup atau sop kambing. Padahal, masih banyak menu olahan daging kambing yang tak kalah lezatnya. Ingin tahu inspirasi olahan kambing lainnya? Yuk, simak ragam inspirasi menu olahan daging kambing yang menggugah selera!

    olahan daging kambing
    Foto: pixabay

    Semur daging kambing

    Anda bisa memanfaatkan daging kambing bagian paha untuk dimasak menjadi semur daging kambing. Masakan semur ini juga cocok dipadukan dengan daging kambing has luar. Kuah cokelat pekat semur didapatkan dari perpaduan kecap, cengkih, dan bawang merah.

    Loading...

    Sate daging kambing

    Salah satu menu yang wajib dibuat saat Idul Adha adalah sate daging kambing. Daging yang lembut dipadukan dengan bumbu kecap dan dibakar hingga matang memunculkan aroma yang sedap.

    Gulai kambing

    Menu yang kaya rempah ini juga tak kalah menarik untuk disajikan saat momen Idul Adha tiba. Kaya akan santan, gulai kambing sebaiknya tidak dikonsumsi dalam jumlah berlebih terutama jika Anda memiliki riwayat penyakit jantung dan kardiovaskuler.

    Sup atau sop kambing

    Ingin menu yang ringan namun tetap nikmat dan tak kalah sedap? Coba buat sop kambing. Dibandingkan menu lainnya, pembuatan sop kambing membutuhkan bahan-bahan yang lebih sederhana. Bumbu yang digunakan mirip dengan hidangan khas lainnya, sop buntut.

    Kari kambing

    Warna kuah yang kuning dengan tekstur kental jadi salah satu ciri khas menu kari. Kari kambing bisa jadi masakan andalan Anda. Berasal dari daerah Asia Selatan, menu kari kambing sangat cocok disajikan pada Idul Adha tahun ini.

    Nasi goreng kambing

    Nasi goreng kambing tak kalah menarik perhatian. Anda bisa membuatnya dengan bumbu-bumbu yang tak kalah sederhana dan tentunya menggunakan daging kambing. Daging yang digunakan pun bisa bagian mana saja. Tips membuat nasi goreng kambing adalah menggunakan nasi yang sudah didinginkan dan dimasak satu hari sebelumnya.

    Baca Juga:  Masak Nasi Kebuli Kambing dengan Resep Ini

    Steak daging kambing

    Ingin coba menu western? Membuat steak daging kambing juga bisa dilakukan di rumah. Makanan ini bisa dipadukan dengan jenis sayur-sayuran lain sebagai pelengkap seperti wortel, kentang tumbuk, buncis, dan jagung rebus.

    Tongseng kambing

    Hampir mirip dengan gulai, tongseng memiliki rasa yang lebih tajam. Selain itu, tongseng juga dibuat dengan daging yang masih melekat pada tulang. Menu ini cocok untuk Anda yang ingin memasak daging kurban pada bagian iga dan tulang belakang.

    Nasi kebuli

    Kaya akan rempah, olahan nasi yang satu ini berbeda dari nasi goreng. Meskipun begitu, keduanya sama-sama bisa dipadukan dengan daging kambing. Nasi kebuli khas Arab-Betawi ini dibuat dengan memadukan beragam jenis rempah dengan tambahan kismis.

     

    Loading...
    Loading...