Ragam Jenis Anggur yang Perlu Diketahui


Pertanianku Anggur atau dalam bahasa Latin dikenal dengan Grapes, memiliki banyak jenis. Warna buah anggur juga bermacam-macam. Ada warna merah, ungu, hijau, dan kuning.

anggur
Pexels

Tidak hanya jenisnya yang banyak, buah anggur juga menjadi buah yang memiliki nilai jual tinggi. Oleh karena itu, peluangnya sangat bagus jika Anda berencana untuk membudidayakan anggur.

Budidaya buah anggur bisa dilakukan di tempat yang memiliki ketinggian antara 25 m—300 m di atas permukaan laut. Suhu yang diperlukan berkisar 25—31° Celcius.

Tanaman ini juga cocok pada kelembapan udara 75—80 persen, dengan intensitas penyinaran matahari 50—80 persen. Curah hujan yang baik untuk budidaya anggur adalah 800 mm per tahun. Sementara, tingkat derajat keasaman (pH) tanah mencapai 6 sampai 7.

Bagi Anda yang berminat untuk budidaya anggur, berikut ini akan diulas beberapa jenis anggur yang bisa Anda pilih.

Kaiji grape

Anggur ini tergolong jenis hibrida berukuran diameter 22—24 cm. Memiliki bentuk lonjong dan rasa yang manis. Daging buahnya kenyal dan buah berwarna merah agak putih bening.

Rosario bianco grape

Anggur jenis ini berwarna hijau muda. Di Indonesia sering dikenal sebagai anggur hijau yang bentuknya lonjong. Rasanya segar dan manis sehingga menjadikan anggur jenis ini lebih pas disantap setelah selesai makan.

Seikire grape

Anggur jenis ini mempunyai bentuk fisik sama dengan anggur jenis rosario bianco grape. Hanya saja, warnanya cenderung merah pekat.

Auxerrois grape

Anggur jenis ini berwarna kuning terang, tapi lebih cenderung ke putih dan berbentuk bulat kecil.

Carbernet franc grape

Anggur yang berwarna biru gelap ini banyak dibudidayakan di Negara Prancis. Anggur ini biasanya digunakan untuk membuat jus anggur segar. Selain itu, anggur ini juga dipakai sebagai bahan campuran pembuatan saus anggur.

Baca Juga:  Buah Delima Simbol Cinta dan Kesuburan

Takazuma grape

Rasa anggur ini sangat manis berwarna merah pekat. Anggur ini cocok dikonsumsi sebagai hidangan penutup atau pencuci mulut.

Barborossa grape

Anggur ini berwarna merah dan mempunyai rasa yang mantap. Selain itu, tekstur buah yang tidak mudah rusak membuat anggur jenis ini cocok diolah sebagai salad.

Chenin blanc grape

Anggur jenis ini berwarna hijau tua. Permukaannya halus dan rasanya manis. Anggur ini juga mampu beradaptasi di iklim tropis dan bisa dikonsumsi langsung.

Sudah banyak jenis anggur yang disebutkan tadi yang mulai dibudidayakan di Indonesia. Di samping harganya yang stabil, Anda akan mendapatkan kepuasan tersendiri saat memetik langsung buah yang Anda tanam.

loading...
loading...