Ragam Jenis Apel yang Harus Anda Coba

Pertanianku — Apel bisa dikonsumsi langsung ataupun diolah terlebih dahulu. Beragam kandungan dalam apel juga turut membuat buah ini semakin digemari. Jenis apel pun tak hanya satu, tetapi beraneka dan punya ciri khas masing-masing.

jenis apel
Foto: pexels

Rome beauty

Jenis apel ini dikenal juga sebagai apel malang karena banyak dibudidayakan di Malang, Jawa Timur. Apel ini telah ada sejak 1930, ketika masa kolonial Belanda memperkenalkan tanaman apel ke Indonesia. Apel malang memiliki rasa manis. Bagian kulitnya berwarna hijau dengan semburat merah.

Loading...

Anna

Sama seperti apel rome beauty, apel anna di Indonesia juga dibudidayakan di Malang. Apel ini memiliki warna kulit merah tua yang merata. Wujud apel anna mirip dengan apel impor sehingga banyak digemari.

Manalagi

Apel jenis ini berasal dari Pegunungan Caucasus di Asia Barat. Ciri khas utamanya adalah warna kulit yang hijau kekuningan. Warnanya tidak berubah meskipun sudah matang. Rasanya juga segar, serta memiliki aroma yang tajam.

Ceri

Apel ini berukuran lebih kecil daripada apel manalagi. Warna, rasa, dan teksturnya juga mirip dengan buah apel manalagi tersebut.

Washington

Berbeda dari apel kebanyakan yang keras dan berair, daging apel washington lebih lunak. Ciri lainnya adalah warna kulit apel ini merah dan bergaris-garis. Seperti namanya, apel ini berasal dari Amerika.

Granny smith

Warna kulit apel granny smith adalah hijau. Ukurannya tidak begitu besar dan memiki rasa asam. Tekstur apel asal Australia ini juga sedikit berair. Sayangnya, apel granny smith rawan menjadi inang bakteri Listeria monocytogenes.

Wanglin

Jenis apel ini merupakan hasil persilangan antara buah apel manalagi dan pir. Bentuknya mirip dengan apel granny smith, namun memiliki bintik-bintik hitam. Rasanya manis dan segar. Kandungan air yang sangat tinggi membuat apel wanglin terasa renyah.

Baca Juga:  Cara Menanam Tabulampot Jambu Air Khiojok

Fuji

Apel fuji dikenali dari warna kulitnya yang merah muda. Apel ini pertama kali dikembangkan di Jepang pada 1930-an. Rasanya sangat lezat dan sering dijadikan jus.

Golden delicious

Daging buahnya keras, berair, dan rasanya sedikit asam. Biasanya, apel jenis ini diolah jadi makanan olahan seperti pai dan saus apel. Namun, Anda tetap bisa menyantapnya langsung.

Royal gala

Apel jenis ini berwarna kuning dengan garis merah muda. Tekstur apel royal gala juga terasa keras dan berair. Apel ini manis dan aromanya tajam. Sayangnya, apel asal Selandia Baru ini dianggap rentan terkena bakteri Listeria monocytogenes yang tidak baik bagi perempuan hamil.

Princes noble

Apel berwarna kulit hijau kekuningan ini disebut juga apel hijau atau apel australia. Bentuknya agak bulat dengan lekukan yang relatif dalam.

Loading...
Loading...