Ragam Jenis Vertikultur untuk Mempercantik Rumah

Pertanianku — Salah satu upaya menguatkan ketahanan pangan masyarakat Indonesia ialah dengan bertani di pekarangan rumah. Ada banyak sistem pertanian yang bisa Anda aplikasikan di pekarangan rumah yang identik dengan luas lahan terbatas. Salah satu model pertanian yang bisa diterapkan adalah vertikultur. Jenis vertikultur yang bisa diaplikasikan ada banyak, Anda bisa memilih sesuai selera dan kesanggupan.

jenis vertikultur
foto; Pertanianku

Ragam informasi tentang vertikultur tersedia dalam buku Urban Farming, termasuk jenis vertikultur yang akan dibahas di bawah ini.

Vertikultur bertingkat

Vertikultur bertingkat dibuat secara bersusun vertikal ke atas. Model dan bahan yang digunakan untuk membuat model vertikultur ini sangat beragam dan bergantung pada kreativitas Anda. Namun, pada umumnya model yang digunakan bisa berupa persegi panjang, segitiga, anak tangga, dan undakan.

Bahan yang biasa digunakan ialah talang air, besi, bambu, dan pipa PVC. Teknik menanam di instalasi vertikultur bertingkat hampir sama dengan teknik bertanam di pot atau polibag sehingga sangat mudah dilakukan oleh pemula. Jenis sayuran yang bisa dipelihara di dalam instalasi ini adalah selada, kangkung, kemangi, tomat, bayam, dan masih banyak lagi.

Vertikultur gantung

Vertikultur gantung cukup sering digunakan pada pertanian di perkotaan. Model vertikultur ini tidak memerlukan lahan luas, cukup lahan sempit dengan sisi dinding yang kosong. Sistem menanam vertikultur gantung pada dasarnya sama seperti vertikultur bertingkat. Wadah yang bisa digunakan untuk bertanam dengan model vertikultur ini adalah talang air. Uniknya, sistem vertikultur ini juga cocok digunakan menanam tanaman hias kecil.

Agar terlihat lebih indah, Anda bisa menggunakan kantong khusus untuk vertikultur gantung atau polibag yang disusun menggantung.

Vertikultur berdiri

Wadah yang digunakan untuk vertikultur ini adalah pipa PVC atau bambu berdiameter besar. Media tanam dimasukkan ke pipa atau bambu yang sudah diberi lubang di sekelilingnya. Penggunaan vertikultur berdiri bisa membuat tampilan budidaya tanaman sayuran menjadi terlihat lebih menarik.

Baca Juga:  Langkah Mudah Merawat Keindahan Bunga Anyelir

Untuk Anda yang tertarik bertani di rumah, Anda bisa membaca informasi lainnya tentang cara bertani di perkotaan dalam buku Urban Farming. Untuk mendapatkan buku tersebut sebagai referensi, Anda bisa langsung menghubungi WhatsApp admin Penebar Swadaya.

 


loading...