Ragam Khasiat Kapulaga untuk Kesehatan Tubuh

Pertanianku — Kapulaga atau Amomum compactum Roem. merupakan rempah-rempah yang sering digunakan untuk meningkatkan aroma serta rasa pada masakan. Tak heran, nama kapulaga sendiri tidak asing bagi masyarakat Indonesia. Selain memperkuat cita rasa masakan, rempah-rempah ini juga berkhasiat untuk kesehatan tubuh. Khasiat kapulaga bisa digunakan untuk menyembuhkan penyakit seperti bau mulut, batuk berdahak, dan analgesik.

khasiat kapulaga
foto: pertanianku

Bagian dari tanaman kapulaga yang bisa dimanfaatkan sebagai obat herbal adalah buah. Di dalamnya terkandung minyak atsiri, minyak lemak, zat pati, gula, dan protein.

Bau mulut dapat diatasi dengan menyeduh 10 butir kapulaga dan ditambahkan segenggam pegagan. Setelah itu, air seduhan tersebut diminum satu hari sekali hingga bau mulut sudah tidak dirasakan lagi.

Untuk melegakan tenggorokan bisa dilakukan dengan mencampur 10 butir buah kapulaga, 6 gram rimpang kunyit, dan 100 ml air mendidih. Ramuan tersebut bisa diminum dua hari sekali pada pagi dan sore hari.

Penelitian terbaru menunjukkan rempah-rempah ini dapat memberikan terapi efek pada penderita alergi asma atau pada penyakit peradangan.

Hingga saat ini belum ditemukan literatur yang membahas kontraindikasi dari penggunaan kapulaga sebagai obat herbal. Namun, sebagai bentuk kewaspadaan dari efek samping, ibu hamil dan menyusui sebaiknya tidak mengonsumsinya. Selain itu, anak-anak di bawah umur tidak disarankan mengonsumsi dalam jumlah yang berlebihan tanpa pengawasan dokter atau herbalis.

Di beberapa daerah, rempah-rempah ini memiliki sebutan yang berbeda-beda. Misalnya, orang Sunda lebih mengenal tanaman ini dengan nama kapol, di Madura disebut kapolagha atau palagha, di Bali disebut karkolaka. Di Sumatera disebut pelage atau puwar pelage. Adapun masyarakat Betawi menyebutnya kapulaga atau kardamunggu.

Tanaman rempah ini dapat tumbuh hingga 1,5 meter dengan batang semu berbentuk bulat dan berwarna hijau. Daun tanaman tunggal dan berbentuk lanset dengan bagian ujung yang runcing dan bagian tepinya rata. Buah kapulaga sendiri berbentuk kotak, bulat, berlekuk, dan berwarna putih.

Baca Juga:  Manisan Jahe Kering, Cara Unik Menikmati Jahe

Sebagai rempah-rempah, kapulaga dapat berfungsi untuk menghilangkan bau amis pada daging dan mengharumkan masakan. Rempah ini bisa langsung digunakan tanpa perlu digiling halus.