Ragam Khasiat Kulit Melinjo Bagi Kesehatan

Pertanianku Kulit melinjo sering diolah oleh masyarakat sebagai campuran hidangan masakan. Biasanya, bahan sayuran ini lebih sering dijadikan menu tumis. Melinjo yang terlihat biasa saja sebenarnya mengandung nutrisi cukup lengkap, seperti vitamin (C, B1, dan A), kalsium, fosfor, zat besi, protein, karbohidrat, mineral, dan vitamin. Nutrisi tersebut bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Berikut ini khasiat kulit melinjo yang wajib Anda ketahui.

kulit melinjo
foto: Pertanianku

Sumber energi

Meskipun ukurannya tidak besar dan cenderung tipis, nyatanya kulit melinjo berkhasiat sebagai sumber energi. Kandungan energinya terbilang cukup tinggi. Selain itu, kandungan karbohidrat di dalam sayuran ini dapat memberikan rasa kenyang yang lebih lama di dalam perut.

Menyehatkan kulit

Kulit melinjo sangat bermanfaat untuk wanita yang ingin memiliki kulit sehat karena sayuran ini dapat menjaga kesehatan kulit apabila dikonsumsi secara rutin.

Hal ini dikarenakan adanya kandungan mineral di dalam melinjo. Kandungan mineral tersebut berguna meningkatkan sel darah putih. Sel darah putih tersebut sangat berguna untuk membantu proses penyembuhan luka semakin cepat. Dengan begitu, permasalahan seperti jerawat dan luka dapat diatasi lebih cepat.

Menjaga kesehatan mata

Selain wortel, Anda juga bisa menjaga kesehatan mata dengan rutin mengonsumsi kulit melinjo. Kandungan vitamin A di dalam sayuran ini sangat berguna untuk mempertajam penglihatan mata serta menjaga kesehatan mata agar tidak menurun akibat bertambahnya usia.

Melancarkan peredaran darah

Kandungan lemak di dalam melinjo berperan melawan lemak jahat yang tertimbun di dalam aliran darah tubuh. Dengan rajin mengonsumsi melinjo, Anda bisa membersihkan penumpukan lemak jahat di dalam tubuh sehingga peredaran darah lebih lancar.

Sumber antioksidan

Khasiat lain dari kulit melinjo yang tidak boleh Anda lewatkan ialah sumber antioksidan. Kandungan vitamin C di dalam kulit terbilang cukup tinggi dan bermanfaat untuk menangkal berbagai macam radikal bebas yang masuk ke tubuh. Antioksidan sangat berperan penting untuk menjaga kesehatan tubuh dari serangan polusi dan penyakit lainnya.

Baca Juga:  Manfaat Terung Lalapan pada Kuliner Khas Sunda