Ragam Manfaat Daging Merah untuk Kesehatan


Pertanianku — Banyak ahli kesehatan yang tidak menganjurkan konsumsi daging merah seperti daging sapi, domba, sapi muda, dan kambing. Mengonsumsi daging secara berlebihan menyebabkan tingginya kolesterol dan lemak jenuh pada tubuh. Namun di balik itu semua, manfaat daging merah dapat mendukung diet yang sehat, selama Anda memerhatikan jenis dan ukuran porsinya.

manfaat daging merah
Foto: Pixabay

Daging panggang, steak, daging sirloin tip panggang, dan 95 persen daging giling semuanya menawarkan manfaat bagi kesehatan. Protein yang terdapat dari daging merah mengandung semua asam amino yang diperlukan untuk membangun otot dan memperbaiki jaringan. Massa otot sangat penting bagi kemampuan untuk mengaktifkan fisik.

Selain itu, daging merah juga menghasilkan enzim dan hormon yang membantu mencegah penyakit. Protein juga dikaitkan dengan penurunan berat badan karena memuaskan rasa lapar dan membuat Anda puas selama berjam-jam setelah makan. The Oregon State University Linus Pauling Institute menganjurkan wanita mengonsumsi 18 miligram (mg) zat besi dan untuk laki-laki 8 mg zat besi setiap harinya.

“Daging merah tanpa lemak memasok banyak zat besi,” ucap laporan tersebut dilansir dari Livestrong.

Menambahkan daging merah ke dalam diet satu atau dua kali sepekan dapat memenuhi jumlah zat besi yang dibutuhkan tubuh. Terhadap sel darah merah, ia berguna untuk mengangkut oksigen yang cukup ke seluruh bagian tubuh. Selain itu, kekurangan zat besi dapat berkontribusi pada masalah belajar, energi rendah, dan masalah perilaku.

Daging merah tanpa lemak adalah sumber vitamin B. Makan makanan yang mengandung vitamin B adalah penting karena membantu mempromosikan tubuh yang sehat. Daging merah tanpa lemak mengandung B-12 untuk sistem saraf yang sehat dan B-6 untuk sistem kekebalan yang kuat.

Baca Juga:  Tak Hanya Manusia, Aplikasi Perjodohan juga Tersedia untuk Ternak Sapi

Daging merah memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, namun tinggi kolesterol dan lemak jenuh. Saat mengonsumsi daging merah, perhatikan berapa banyak yang Anda konsumsi berdasarkan ukuran porsi yang disarankan.

Batasi konsumsi Anda hingga tiga porsi atau kurang setiap minggu. Anda juga dapat mengurangi asupan lemak dengan memilih daging giling dengan kadar lemak lebih rendah atau memotong lemak yang terlihat dari potongan daging sebelum dimasak.