Ragam Manfaat Menanam Jambu Air

Pertanianku — Jambu air atau Syzygium aquenum diduga berasal dari Asia Tenggara, salah satunya Indonesia. Kini, buah jambu air sudah menyebar hampir ke seluruh negara. Buah ini terkenal dengan kandungan airnya yang melimpah dan sangat cocok dinikmati saat musim panas. Menanam jambu air di pekarangan rumah bisa dilakukan untuk dimanfaatkan secara pribadi atau komersil.

menanam jambu air
foto: pertanianku

Ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan dari menanam jambu air, mulai dari menyejukkan rumah hingga menjadi sumber penghasilan iseng-iseng alias sampingan. Berikut ini deretan manfaat menanam jambu air.

Buahnya yang segar

Loading...

Salah satu manfaat yang sudah pasti bisa ditebak dan diinginkan oleh pehobi tanaman buah adalah buah jambu air yang segar dan bergizi. Buah yang dihasilkan sendiri seperti dipetik langsung dari pekarangan bisa memberikan kesan cukup membahagiakan. Anda bisa memanen buah jambu langsung dari pekarangan untuk konsumsi pribadi. Jika jumlahnya berlebih, jambu tersebut bisa dibagikan atau dijual di depan rumah.

Buah jambu air sering dikonsumsi dalam bentuk segar. Biasanya, dibuat menjadi rujak atau asinan. Buahnya yang kaya air ini sangat lezat dikonsumsi pada siang hari.

Mudah berbuah dan bisa berbuah sepanjang tahun

Pohon jambu air yang dipelihara dengan intensif bisa berbuah sepanjang tahun atau tidak mengenal musim. Pohon jambu air terkenal sangat mudah berbuah sehingga untuk Anda yang baru saja mulai menanam buah bisa belajar dari pohon jambu air.

Bisa dijadikan tabulampot

Jika mengalami kendala berupa lahan yang terbatas, Anda bisa menanam pohon jambu air di pot. Tabulampot atau tanaman buah dalam pot sudah menjadi tren masyarakat perkotaan yang gemar memelihara pohon buah. Jika sedang berbuah, tabulampot jambu air bisa memberikan pemandangan yang indah dan menyejukkan mata.

Baca Juga:  Kelebihan Jambu Air Khiojok, Jambu Air Jumbo yang Berpotensi untuk Dibudidayakan

Peneduh rumah

Daun jambu air lebar dengan bagian ujung yang meruncing. Daun saling berhadap-hadapan dengan tangkai atau anak ranting. Bentuk kanopi dari pohon jambu air cukup lebar dan menyerupai payung. Hal inilah yang menyebabkan pohon jambu air bisa memberikan efek teduh di rumah. Pohon dapat melindungi rumah dari panasnya sinar matahari serta terpaan angin yang membawa debu dan polusi.

 

 

Loading...
Loading...