Ragam Palem Hias Mini yang Cocok untuk Interior Rumah

Pertanianku — Tanaman palem hias mini banyak digunakan sebagai hiasan bagian dalam rumah. Berbeda dengan pohon palem yang bisa tumbuh hingga lebih dari lima meter, palem mini biasanya diletakkan di dalam ruangan karena ukurannya yang mungil. Berikut ini beberapa jenis palem mini yang bisa Anda tanam di dalam rumah sebagai hiasan interior.

Palem putri

palem hias mini
Foto: etsy.com

Palem putri biasanya ditanam di luar ruangan. Namun, tanaman ini juga bisa diletakkan di dalam ruangan. Palem putri memiliki bentuk yang sama dengan palem raja. Hanya saja, tanaman asal Filipina ini memiliki tinggi batang yang lebih rendah.

Loading...

Palem putri kerap dijuluki crhistmas palm karena bentuk buahnya yang menyerupai lampu hias pada pohon Natal. Pada saat penanaman palem putri, sebaiknya jauhkan tanaman dari sinar matahari langsung. Gunakan pula media tanam yang tidak terlalu basah dan liat.

Palem bambu

palem hias mini
Foto: homeguide.sfgate.com

Jenis palem ini dijuluki palem bambu karena mirip dengan pertumbuhan rumpun bambu. Palem ini memiliki nama ilmiah Chamaedorea erunmpens dan bisa berfungsi sebagai antipolutan. Jika ditanam di dalam ruangan, tanaman ini bisa membantu sirkulasi dan penyaringan udara.

Biasanya, palem bambu diletakkan di bagian ujung atau pojok ruangan. Agar tumbuhnya lebih maksimal, letakkan palem ini jauh dari sinar matahari secara langsung. Pastikan pula ruangan yang Anda gunakan untuk meletakkan palem bambu terdapat ventilasi.

Palem palas payung

palem hias mini
Foto: olabrisagardens.com

Tanaman ini memiliki nama Latin Iicuala grandis. Asal palem palas payung adalah daerah Papua Nugini dan New Britain. Dinamakan palem palas payung karena bisa memayungi bagian bawahnya berkat bentuk daunnya yang unik.

Daun palem palas payung saling menyambung hingga berbentuk kipas. Daun ini akan terbuka saat sudah cukup tua. Sayangnya, daun ini mudah robek bila terkena angin ataupun tersentuh.

Baca Juga:  Jenis-jenis Cemara yang Tumbuh di Indonesia

Palem serdang

palem hias mini
Foto: teraforma.eu

Tanaman bernama ilmiah Livistona rotundifolia ini memiliki keunikan pada cabangnya. Tangkai daun dapat tumbuh dari bagian bawah hingga di atas batang ini. Daunnya berwarna hijau menjari dan saling tertaut di bagian bawahnya. Palem serdang berasal dari kawasan Indonesia dan Malaysia.

Loading...
Loading...