Ragam Penyakit yang Bisa Disembuhkan dengan Kencur

Pertanianku — Rimpang kencur hampir sering digunakan dalam beberapa resep masakan yang mengandung minyak atsiri. Minyak atsiri tersebut terdiri atas borneol, methyl-p-cumaric acid, cinnamicacid ethyl ester, pentadecane, cinnamic aldehyde, dan camphene. Selain itu, rimpang ini mengandung alkaloid, mineral, flavonoid, pati, dan gum. Selain itu, banyak penyakit yang bisa disembuhkan dengan kencur.

kencur
foto: pertanianku

Dari kandungan tersebut, rimpang kencur memiliki efek farmakologis untuk menambah daya tahan tubuh serta menghilangkan masuk angin dan rasa lelah. Agar efek farmakologisnya semakin terasa optimal, Anda harus mengonsumsinya secara rutin.

Selain bisa menambah daya tahan tubuh, kencur bisa digunakan untuk menyembuhkan beberapa jenis penyakit lainnya, seperti tetanus, keracunan tempe bongkrek, muntah-muntah, dan keracunan jamur. Bagian yang bisa dimanfaatkan dari tanaman kencur adalah bagian rimpangnya.

Loading...

Berikut ini beberapa resep obat tradisional yang dibuat dari rimpang kencur.

Obat tetanus

Gunakan kencur sebanyak 3 jari. Tambahkan daun jinten setengah genggam dan daun ngokilo 18 lembar. Cuci bersih semua bahan, lalu potong-potong seperlunya. Rebuslah bahan dengan 3 gelas air bersih dan tambahkan air rebusan 3 jari gula enau. Biarkan hingga air rebusan tersebut tersisa ¾ -nya. Ramuan ini bisa diminum sebanyak 3 kali sehari.

Keracunan tempe bongkrek

Gunakan ½ jari kencur, daun sambiloto ¼ genggam, daun kumis kucing ½ genggam, gula enau 2 jari, serta daun belimbing wuluh ¼ genggam. Semua bahan dicuci bersih terlebih dahulu, lalu potong-potong seperlunya. Setelah itu, semua bahan direbus dengan 2 gelas air bersih hingga airnya tersisa ¼. Selanjutnya, diamkan air rebusan hingga dingin dan saring air rebusan. Minum ramuan sebanyak ¾ gelas sebanyak 1—2 kali.

Muntah-muntah

Siapkan kencur sebanyak 1,5 jari, lalu cuci bersih. Kunyah kencur tersebut dengan sedikit garam. Sesudah halus, telan kencur dan minum air hangat. Lakukan pengobatan ini sebanyak 2 kali sehari.

Baca Juga:  Cara Menyiapkan Lahan untuk Menanam Jahe

Keracunan jamur

Gunakan 1 jari rimpang kencur, 1/3 genggam daun sambiloto, dan ¼ daun jintan. Tumbuk semua bahan hingga halus dan tambahkan ¾ gelas air masak. Peras air ramuan, lalu saring. Minum ramuan setelah muntah-muntah sudah mereda. Ramuan cukup diminum sehari sekali.

 

 

Loading...
Loading...