Ragam Pohon Hias yang Tidak Butuh Banyak Disiram

Pertanianku Tanaman hias biasa digunakan untuk mempercantik halaman rumah. Bentuknya yang unik atau warna bunga yang cantik sering jadi alasan digunakannya tanaman hias agar halaman terkesan rindang dan asri. Tak hanya tanaman mungil, Anda pun bisa menanam pohon hias sebagai referensi tanaman hias berukuran besar. Apa saja?

Cemara

Tanaman hias
Foto: pixabay

Pohon cemara lebih dikenal sebagai pohon yang tumbuh di daerah beriklim dingin. Namun, pohon hias ini juga bisa tumbuh dengan baik di daerah dengan lingkungan dan suhu yang panas. Bentuk pohon yang unik dan estetik sangat cocok menghiasi halaman rumah Anda.

Loading...

Hanya saja, pohon cemara tidak boleh dibiarkan terlalu kering. Anda pun harus rutin membersihkan daun-daun jarum milik pohon cemara yang berguguran.

Beringin

Tanaman hias
Foto: pixabay

Jika ingin pohon peneduh yang rindang, Anda bisa menanam pohon beringin sebagai tanaman hias. Terlepas dari berbagai mitos yang membayangi pohon beringin, tanaman ini cukup indah untuk dijadikan tanaman pekarangan.

Akan tetapi, jika Anda tetap tidak menyukai kesan ‘angker’ yang melekat pada pohon berakar gantung ini, Anda bisa membudidayakan versi mini dari pohon beringin. Kini, sudah banyak bonsai pohon beringin yang dijual. Tak perlu banyak air untuk penyiramannya, pemeliharaan pohon beringin juga relatif mudah.

Kaktus

Tanaman hias
Foto: pixabay

Sudah rahasia umum bila tanaman kaktus tidak membutuhkan banyak air dalam perawatannya. Tanaman hias ini dikenal tahan panas karena berasal dari daerah dengan curah hujan yang sangat minim. Selain itu, batang pohon kaktus pun bisa menyimpan air dalam jumlah yang banyak sekaligus.

Jika Anda ingin kaktus yang lebih kecil, Anda bisa bertanam kaktus mini. Kaktus mini ini bisa diletakkan di teras ataupun di dalam rumah sebagai penghias interior. Namun, tak ada salahnya pula menanam kaktus berukuran besar di halaman rumah sebagai tanaman hias dengan kesan unik.

Baca Juga:  Cari Tanaman Tahan Panas? Coba 4 Tanaman Hias Ini

Palem

Tanaman hias
Tanaman hias

Jangan lewatkan pohon palem bila Anda mencari tanaman hias yang tahan di daerah panas. Pohon palem banyak tumbuh di daerah dengan iklim tropis dan dekat dengan garis katulistiwa. Perawatannya yang mudah membuat palem menjadi salah satu primadona tanaman hias halaman dan pekarangan. Jenis palem pun beragam.

Kamboja

Tanaman hias
Foto: pixabay

Tak kalah indah, tanaman kamboja juga bisa tumbuh pada lingkungan yang panas. Anda tidak harus mengurus dan menyiraminya setiap hari. Bahkan, tanaman hias ini akan mudah mati jika terlalu banyak disiram.

Salah satu syarat tumbuh tanaman ini adalah mendapat sinar matahari secara langsung dan dalam jumlah yang banyak. Anda bisa menanamnya di dalam pot ataupun langsung di lahan halaman rumah Anda.

Loading...
Loading...