Ragam Racikan Pestisida Alami Sesuai dengan Jenis Hama yang Menyerang

PertaniankuPestisida alami sudah menjadi salah satu alternatif yang digunakan oleh orang-orang karena memiliki banyak manfaat. Salah satunya adalah aman bagi lingkungan dan produk sayuran yang akan dihasilkan. Pembuatan pestisida alami tidak sulit. Anda bisa membuatnya sendiri di rumah dengan bahan yang mudah didapatkan. Langsung saja simak ulasan berikut ini beberapa racikan pestisida alami yang super mudah dibuat sendiri.

pestisida alami
foto: Pixabay

Tembakau

Tembakau bisa digunakan untuk mengatasi serangan berbagai jenis serangga. Cara pembuatannya sangat mudah. Anda hanya perlu merendam batang dan tulang daun tembakau selama tujuh hari atau didihkan sebentar. Setelah itu, saring ramuan, kemudian bisa langsung disemprotkan ke bagian tanaman yang terserang hama.

Kemangi

Kemangi sangat mudah didapat karena pada dasarnya kemangi merupakan tanaman liar. Kemangi bisa digunakan untuk pestisida alamai berbagai jenis serangga. Cara pembuatannya sangat mudah. Anda hanya perlu merebus daun kemangi yang masih segar atau sudah kering dengan air secukupnya. Selanjutnya, rebusan daun kemangi tersebut disemprotkan ke bagian tanaman yang terserang.

Cabai merah

Cabai merah bisa digunakan untuk mengatasi berbagai jenis serangga. Cara pembuatannya sangat mudah. Cabai dikeringkan terlebih dahulu, lalu diolah menjadi tepung. Setelah itu, tepung cabai merah dicampur dengan air. Larutan pestisida sudah bisa diberikan pada bagian tanaman yang terserang hama.

Abu kayu

Abu bekas bakaran kayu juga bisa dijadikan pestisida alami. Hama yang dapat diatasi oleh abu kayu adalah lundi, ulat grayak, ulat tanah, kumbang, dan siput. Cara penggunaannya sangat mudah. Anda bisa menebarnya di sekeliling tanaman, ditabur ke dalam parit, dicampur dengan air, lalu disemprot ke tanaman. atau, dicampur dengan kapur dan air sabun, kemudian disemprotkan ke tanaman.

Baca Juga:  Manfaat Asparagus untuk Diet

Bawang putih

Bawang putih terkenal sebagai bahan pestisida alami yang mudah didapatkan. Bawang putih bisa digunakan untuk mengatasi serangan berbagai jenis hama. Cara pembuatannya sangat mudah. Bawang putih dicincang, lalu didiamkan di dalam air selama 1 jam. Setelah itu, berikan deterjen, lalu aduk dan tutup. Simpan larutan selama satu minggu. Selanjutnya, larutan pestisida sudah siap digunakan.