Ragam Ramuan Herbal dari Kapulaga

Pertanianku — Kapulaga (Amomum cardamomum) merupakan rempah-rempah yang memiliki rasa agak pahit dan bersifat hangat. Kapulaga juga berguna untuk membuat ramuan herbal untuk mengatasi beberapa penyakit. Ramuan kapulaga berkhasiat sebagai obat batuk, bau badan, demam panas, kejang dan rematik, pencegah mual, serta gangguan haid.

ramuan kapulaga
foto: pertanianku

Kapulaga mengandung minyak terbang sineol, terpineol dan alfaborneol, β-kamper, protein, lemak, serta silikat. Rempah ini dapat memberikan efek farmakologis sebagai obat batuk, perut kembung, penurun panas, antitusif, peluruh dahak, dan antimuntah.

Berikut ini ragam resep ramuan herbal kapulaga yang sesuai dengan jenis penyakitnya.

Batuk

Siapkan 6 gram buah kapulaga yang sudah dicuci hingga bersih, kemudian rebus dengan 200 ml air selama 15 menit. Anda bisa meminum air rebusan yang sudah dingin. Ulangi pengobatan hingga sembuh.

Bau badan

Rebus 5 gram buah kapulaga bersama 100 gram akar alang-alang dan 1—2 batang benalu teh dengan 2 gelas air. Rebus ramuan hingga airnya tersisa 1 gelas. Dinginkan air rebusan tersebut, kemudian minum air rebusan dua kali sehari, masing-masing setengah gelas.

Demam dan panas

Tumbuk 10 gram kapulaga, 25 gram pulosari, 10 gram bawang putih, 25 gram merica, dan 25 gram kunyit. Pastikan semua bahan yang digunakan sudah dicuci hingga bersih. Tambahkan air panas secukupnya hingga ramuan membentuk larutan. Tambahkan satu sendok makan madu murni dan dua butir kuning telur ayam kampung, kemudian aduk hingga rata. Minum ramuan 2—3 jam setelah makan malam setiap hari selama satu bulan.

Kejang perut dan rematik

Seduh 6 gram buah kapulaga yang sudah dikeringkan dengan 1 gelas air mendidih, kemudian dinginkan. Minum ramuan sekaligus satu gelas sehari.

Pencegah mual

Siapkan 5 gram buah kapulaga, 100 gram akar alang-alang, dan 1—2 batang benalu yang sudah dicuci hingga bersih. Rebus bahan dengan dua gelas air hingga air rebusan tersisa 1 gelas, kemudian dinginkan. Saring air rebusan dan minum dua kali sehari, masing-masing sebanyak ½ gelas.

Baca Juga:  Peran Lumbung Pangan Masyarakat untuk Meningkatkan Kesejahteraan Petani

Gangguan haid

Cuci 5 gram buah kapulaga, 100 gram akar alang-alang, dan 1—2 batang benalu teh. Rebus bahan dengan 1 gelas air hingga tersisa 1 gelas air, kemudian dinginkan. Saring air rebusan dan minum dua kali sehari, masing-masing setengah gelas.