Ragam Ramuan Herbal Mentimun untuk Mengatasi Berbagai Penyakit

Pertanianku — Mentimun atau Cucumis sativus L. terkenal sebagai salah satu sayuran yang sering dijadikan lalapan. Mentimun mengandung banyak air, rasanya manis, menyegarkan, dan berkhasiat untuk kesehatan. Selain dikonsumsi sebagai sayur lalapan, Anda juga bisa mengonsumsinya dalam bentuk ramuan herbal mentimun.

ramuna herbal mentimun
foto: pixabay

Resep ramuan herbal mentimun yang akan dibuat harus disesuaikan dengan jenis penyakit yang ingin diatasi. Pada dasarnya mentimun berkhasiat untuk membersihkan ginjal, sariawan, melangsingkan tubuh, mengatasi kulit berjerawat, mengencangkan kulit wajah, mengatasi rasa sakit, gatal, bengkak akibat sengatan lebah, diare pada anak, dan mengatasi sakit tenggorokan.

Namun, penderita hipertensi harus waspada ketika mengonsumsi mentimun. Hal ini karena mentimun dapat berinteraksi positif terhadap pengobatan hipertensi. Selain itu, orang dengan riwayat alergi juga harus berhati-hati karena mentimun dapat menyebabkan rongga di sekitar mulut terasa gatal dan membengkak. Selain itu, dapat menyebabkan gangguan pencernaan pada beberapa orang.

Bagian yang dimanfaatkan sebagai obat herbal tentunya adalah buah mentimun. Di dalam buah mentimun terdapat kandungan air yang cukup tinggi, saponin, enzim pencernaan, glutathionine, protein, asam malonat, lemak, karbohidrat, vitamin (A,B, dan C), serta mineral seperti magnesium, kalium, mangan, dan silika. Sementara itu, di bagian biji buah terkandung minyak lemak dan karoten.

Untuk lebih jelasnya lagi, berikut ini beberapa resep ramuan herbal dari mentimun sesuai dengan jenis penyakit yang sedang menyerang.

Tekanan darah, tipus, atau membersihkan ginjal

Parut dua buah mentimun segar, lalu peras dan saring. Ramuan tersebut dapat diminum sekaligus sebanyak 2—3 kali sehari.

Mengatasi sariawan dan melangsingkan tubuh

Makan buah mentimun setiap hari secara rutin untuk mengatasi sariawan yang sedang menyerang dan ketika ingin melangsingkan tubuh.

Baca Juga:  Manfaat Umbi Gadung sebagai Obat Herbal

Mengatasi jerawat dan mengencangkan kulit

Cuci buah mentimun, kemudian iris tipis-tpis. Tempelkan irisan mentimun tersebut dan gosokkan irisan tersebut ke kulit wajah yang sedang berjerawat.

Diare pada anak

Rebus mentimun, kemudian haluskan dan saring. Tambahkan sedikit madu untuk membuat ramuan terasa lebih nyaman untuk dikonsumsi.

Sakit tenggorokan

Gunakan sedikit mentimun dan campurkan dengan sedikit garam. Setelah itu, tambahkan air dan aduk hingga rata. Gunakan ramuan ini untuk berkumur-kumur agar sakit tenggorokan cepat menghilang.