Ragam Ramuan Herbal yang Terbuat dari Jeruk Nipis

Pertanianku — Jeruk nipis atau Citrus aurantiifolia sering digunakan pada masakan untuk menambah cita rasa segar. Perasan jeruk berukuran kecil ini seakan menjadi pelengkap makanan berkuah yang sulit dipisahkan. Selain terkenal sebagai bumbu masakan, jeruk nipis juga berkhasiat untuk mengobati beberapa penyakit. Oleh karena itu, perasan jeruk nipis sering dimanfaatkan dalam ramuan herbal.

jeruk nipis
foto: Pertanianku

Di dalam buah jeruk nipis terkandung minyak terbak, limonene dan linalool, flavonoid seperti ponciri, hesperidine, rhoifolin, dan naringin. Buah yang sudah masak mengandung synephrine dan N-methylthramine. Selain itu, jeruk berwarna hijau ini juga mengandung asam sitrat, kalsium, fosfor, besi, dan berbagai vitamin (A, B1, dan C).

Penyakit yang bisa disembuhkan oleh perasan jeruk ini adalah amandel, batuk, peluruh dahak, peluruh kencing dan keringat, serta membantu proses pencernaan. Namun, Anda tidak boleh mengonsumsi jeruk nipis sebagai obat herbal dalam jangka waktu yang lama dan sering karena akan menyebabkan gigi menjadi linu dan sensitif. Berikut ini beberapa resep ramuan herbal dari jeruk nipis yang bisa Anda buat sendiri di rumah.

Amandel

Penyakit amandel bisa diatasi dengan kulit jeruk nipis. Caranya sangat mudah, Anda perlu mencuci terlebih dahulu kulit jeruk, lalu potong-potong dan rebus. Air rebusan kulit digunakan untuk berkumur-kumur untuk meredakan rasa sakit pada amandel.

Anyang-anyang

Ambil dua buah jeruk dan peras. Campurkan air perasan jeruk dengan gula batu secukupnya dan segelas air panas. Minum air tersebut sekaligus saat masih hangat untuk menghilangkan rasa anyang-anyang yang cukup mengganggu.

Flu dan batuk

Penyakit flu dan batuk dapat diredakan secara alami dengan jeruk nipis. Caranya, peras satu buah jeruk dan campurkan dengan satu sendok makan madu serta sedikit garam. Aduk hingga rata dan minum ramuan sebanyak 2—3 kali sehari hingga sembuh.

Baca Juga:  Teknik Pemeraman Buah Pisang

Melarutkan batu ginjal dan melancarkan kencing

Ambil dua buah jeruk dan peras, lalu campur dengan segelas air hangat. Minum ramuan herbal tersebut setelah makan. Lakukan beberapa kali untuk melarutkan batu ginjal.

Difteri

Ambil dua buah jeruk dan peras, kemudian campur dengan segelas air panas dan satu sendok makan madu. Minum ramuan atau gunakan untuk berkumur-kumur, lakukan sebanyak tiga kali sehari hingga gejala difteri mereda.

Jerawat

Iris satu jeruk nipis, kemudian gosokkan pada kulit wajah yang berjerawat. Namun, sebaiknya Anda lakukan pengujian pada bagian kecil terlebih dahulu, seperti di belakang telinga untuk mengetahui apakah kulit Anda cocok dengan kandungan jeruk nipis atau tidak.