Ragam Ramuan Obat Herbal yang Sesuai dengan Penyakit Kambing

Pertanianku — Penyakit menjadi persoalan yang harus diantisipasi oleh peternak sebelum beternak. Pasalnya, penyakit yang menyerang kambing harus ditangani dengan tepat agar tidak berkembang semakin parah. Penyakit kambing yang umum ditemui adalah cacingan, gatal, ambing, tetanus, diare, batuk, dan penyakit mata.

penyakit kambing
foto: Pertanianku

Pengendalian penyakit kambing dapat diatasi terlebih dahulu dengan ramuan herbal yang terbuat dari beragam tumbuhan. Cara ini sering digunakan oleh peternak tradisional yang lebih sering mengandalkan kekuatan tumbuhan. Berikut ini beberapa ramuan obat herbal yang sesuai dengan jenis penyakit kambing yang menyerang.

Cacingan

Cacingan merupakan penyakit yang paling sering dialami oleh setiap kambing. Cacingan biasanya disebabkan oleh pakan yang mengandung benih cacing. Untuk mengatasi cacingan, Anda bisa memberikan obat cacing setiap tiga bulan sekali. Obat cacing sudah bisa diberikan sejak cempe (anak kambing) prasapih untuk menambah daya tahan tubuh. Obat cacing yang biasa digunakan oleh peternak kecil adalah campuran temu hitam dan gula merah.

Gatal

Penyakit ini bisa menular jika dibiarkan begitu saja. Oleh karena itu, Anda perlu memisahkan kambing yang sudah terjangkit. Selanjutnya, gunakan beberapa butir lirang dan oli bekas, lalu campur dengan minyak goreng serta garam. Tumbuk halus semua bahan dan oleskan ramuan pada bagian yang gatal dan sakit. Lakukan hingga luka gatal mengering.

Ambing

Ambing yang membengkak atau tidak mengeluarkan air susu sering sekali dijumpai. Anda bisa menggunakan beberapa siung bawang putih yang dicampur garam untuk mengobati penyakit ambing. Tumbuk halus semua bahan dan campur dengan air hangat. Campuran tersebut bisa digunakan untuk mengompres bagian ambing yang sakit.

Tetanus

Penyakit tetanus bisa dicegah dengan cara memotong plasenta yang basah dan agak panjang. Setelah itu, olesi dengan kunyit untuk melindungi kambing dari bakteri tetanus yang biasanya masuk melalui ujung plasenta.

Baca Juga:  Strategi Kementan Menyerap Telur dari Peternak Rakyat

Diare

Diare bisa disebabkan oleh pakan yang diberikan berlebihan atau daun pakan masih muda. Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan mahkota dewa yang dicampur dengan garam dan air panas. Setelah dingin, berikan ramuan tersebut kepada kambing. Namun, jika sulit mendapatkan mahkota dewa, Anda bisa menggunakan daun jambu biji yang dicampur dengan garam secukupnya.

Batuk

Batuk sering datang bersamaan dengan flu sehingga menyebabkan kambing kesulitan bernapas. Batuk bisa terjadi akibat pakan hijauan yang basah. Anda bisa menggunakan beras kencur yang diseduh dengan air panas. Berikan ke kambing setelah ramuan beras kencur sudah dingin.

Mata

Penyakit mata lebih sering menyerang kambing saat cuaca sedang tidak baik dan kambing sedang mengalami penurunan daya tahan tubuh. Anda bisa menggunakan daun sirih, garam, dan air panas. Cara membuatnya, gunakan tiga lembar daun sirih dan masukkan air panas yang sudah dicampur dengan garam ke gelas. Setelah campuran tersebut dingin, kompreskan ke bagian mata kambing yang sakit, lakukan sebanyak dua kali sehari.