Ragam Ramuan Pestisida Nabati yang Mudah Dibuat

Pertanianku — Serangan hama bisa diatasi dengan cara pengendalian yang benar. Namun, apabila serangan hama masih tetap datang, Anda bisa mengatasi serangan tersebut dengan pestisida nabati. Pestisida yang terbuat dari bahan-bahan alami aman untuk tanaman, lingkungan, ataupun manusia yang mengonsumsinya. Pestisida alami bisa menjadi solusi bagi Anda yang hobi budidaya tanaman sayur di pekarangan rumah.

pestisida nabati
foto: unsplash

Bahan-bahan alami yang digunakan harus sesuai dengan jenis hama yang menyerang. Berikut ini ramuan pestisida nabati yang sesuai dengan jenis hama yang menyerang.

Pestisida tanaman tomat

Gunakan dua genggam batang dan daun tomat, lalu rebus dengan 1–2 liter air. Setelah itu, biarkan air rebusannya dingin, kemudian saring. Selanjutnya, semprotkan larutan pada tanaman yang terkena hama. Pestisida ini ampuh mengatasi serangan hama kutu daun, telur serangga, ulat bulut, dan bakteri pembusuk.

Pestisida cabai merah

Kumpulkan cabai merah sebanyak 150 gram, lalu keringkan. Cabai yang sudah kering ditumbuk atau giling hingga menjadi tepung. Campur hasil gilingan tersebut dengan 500 ml air, lalu saring. Semprotkan larutan pestisida ke tanaman yang terserang hama. Pestisida cabai kering ini sangat manjur untuk memberantas berbagai hama serangga.

Pestisida gamal

Tumbuk 200 gram daun dan batang tanaman gamal, lalu tambahkan 1 liter air. Saring air hasil campuran tersebut untuk diambil ekstraknya. Semprotkan ekstrak tanaman gamal ke tanaman yang terserang hama. Pestisida ini cukup ampuh mengatasi berbagai serangan hama serangga.

Rumput mala

Keringkan 50–100 gram tangkai rumput mala, kemudian bakar di dekat tanaman yang terserang hama. Asap hasil pembakaran yang menyebar cukup ampuh untuk mengusir serangga dari tanaman.

Pestisida kenikir dan bawang bombai

Rebus 2 genggam daun kenikir, 3 siung bawang putih, 2 buah cabai, dan 3 buah bawang bombai dengan 15 liter air. Setelah itu, biarkan air rebusan dingin, lalu saring. Semprotkan larutan tersebut ke tanaman yang terserang hama. Larutan ini ampuh untuk mengendalikan berbagai hama serangga.

Baca Juga:  Tips Memilih Pupuk Organik: Jangan Lihat Mereknya!