Ragam Resep Ramuan Herbal dari Bunga Telang

Pertanianku Bunga telang (Clitoria ternatea L.) merupakan tanaman yang menjalar dan bisa tumbuh hingga mencapai 6 meter. Popularitas tanaman ini sebagai obat herbal mulai meningkat mengingat banyak orang yang tertarik membuat minuam teh dari bunga telang. Dahulu, sebagian besar masyarakat hanya mengenal tanaman ini sebagai tanaman hias dengan bunganya yang berwarna biru.

bunga telang
foto: Pixabay

Di dalam daun bunga telang terdapat alkaloid dan triterpinoid. Pada bagian kulit dan batang biji mengandung sedikit alkaloid jenis toksik. Minyak yang terdapat di dalam biji telang mengandung asam aralidik, linoleat, asam miristik, asam oleat, asam palmitat, asam stearik, dan sitosterol. Sementara itu, pada bagian biji telang terkandung alkaloid yang toksik.

Seluruh bagian tanaman mengandung antosianin, asparajitim, arabinose, asam amino, asam linleat asam stearik, beta-stiosterol, flavanol, kaempfirol, kiltorin, lakton, lisin, oligosakarida, protein, ramnos, ternatin, dan cilox.

Ramuan herbal dari tanaman bunga telang dapat melancarkan buang air kecil, melancarkan buang air besar, mencuci mata atau mata merah, merangsang haid, menghitamkan rambut, dan mengatasi bisul atau jerawat.

Melancarkan buang air kecil

Gunakan akar tanaman secukupnya, kemudian cuci bersih. Setelah itu, rebus akar hingga mendidih dan diamkan hingga suhunya hangat. Air rebusan akar telang bisa diminum selagi masih hangat.

Melancarkan buang air besar

Anda bisa menggunakan ramuan yang sama untuk melancarkan buang air kecil atau membuat ramuan lainnya. Ramuan tersebut terbuat dari 1—2 biji telang yang sudah dicuci, kemudian dihancurkan. Setelah itu, serbuk biji tersebut ditelan.

Mencuci mata atau mata merah

Gunakan bunga atau daun tanaman secukupnya. Cuci bersih bunga atau daun, kemudian rendam. Air bekas rendaman tersebut dapat digunakan untuk merambang mata.

Baca Juga:  Kementan Dorong Industri Florikultura Berorientasi Ekspor

Merangsang haid

Gunakan bunga dan akar telang secukupnya, kemudian bersihkan. Rebus kedua bahan tersebut secara bersamaan. Air rebusan tadi dicampur dengan gula agar mudah ditelan. Air rebusan sebaiknya diminum selagi masih hangat.

Menghitamkan rambut

Gunakan bunga secukupnya, kemudian hancurkan. Setelah itu, usapkan secara merata ke seluruh bagian rambut dan biarkan selama beberapa menit. Selanjutnya, bilas rambut dengan sampo.

Bisul dan jerawat

Gunakan daun telang secukupnya, kemudian cuci hingga bersih untuk menghilangkan kotoran. Selanjutnya, haluskan daun dan tempelkan pada bagian yang sakit.