Ragam Resep Ramuan Herbal untuk Mengatasi Asam Urat

Pertanianku Asam urat merupakan hasil metabolisme purin yang berasal dari makanan yang Anda konsumsi. Oleh karena itu, biasanya seseorang yang tengah mengidap penyakit asam urat harus menghindari makanan yang mengandung banyak purin, seperti daging merah, kacang-kacangan, dan makanan kalengan seperti ikan sarden.

asam urat
foto: pertanianku

Penyakit asam urat bisa diatasi dengan ramuan herbal yang terbuat dari tumbuh-tumbuhan. Pada dasarnya ramuan herbal aman dikonsumsi apabila cara pembuatan dan cara penggunaannya benar. Berikut ini beberapa resep ramuan herbal untuk mengatasi asam urat.

Daun salam

Gunakan daun salam yang masih segar sebanyak 10—15 lembar. Cuci daun salam dan rebus dengan tiga gelas air. Rebus hingga airnya tersisa 1 gelas, lalu angkat, dinginkan dan saring. Rebusan daun salam dapat diminum 2 kali sehari, masing-masing sebanyak ½ gelas.

Kumis kucing

Pilih kumis kucing yang masih dalam kondisi segar sebanyak 90—120 gram atau kumis kucing yang sudah dalam kondisi kering sebanyak 30—60 gram. Herba kumis kucing yang akan digunakan harus harus dicuci hingga bersih terlebih dahulu. Setelah itu, rebus dengan 3 gelas air bersih hingga airnya tersisa 1 gelas. Rebusan kumis kucing dapat diminum sebanyak 2 kali sehari dengan dosis sekali minum sebanyak ½ gelas.

Daun avokad

Siapkan 7 lembar daun avokad segar, kemudian cuci daun hingga bersih. Rebus daun dengan 3 gelas air bersih hingga airnya tersisa 1 gelas. Diamkan air rebusan hingga dingin dan saring. Air rebusan daun avokad dapat diminum 2 kali sehari, masing-masing sebanyak ½ gelas.

Pare

Asam urat juga bisa diatasi dengan pare yang terkenal dengan rasa pahit. Caranya cukup mudah, siapkan buah pare sebanyak 200 gram dan cuci hingga bersih. Iris tipis-tipis buah pare dan rebus dengan 3 gelas air bersih hingga airnya tersisa 1 gelas. Diamkan air rebusan hingga dingin, kemudian saring. Air rebusan dapat diminum 2 kali sehari, masing-masing sebanyak ½ gelas.

Baca Juga:  Ragam Ramuan Obat Herbal yang Sesuai dengan Penyakit Kambing

Bonggol dan akar seledri

Gunakan bonggol berikut akar seledri sebanyak 1 buah. Cuci hingga bersih, kemudian iris tipis-tipis. Masukkan irisan bonggol ke teko atau tempat minum dan seduh dengan tiga gelas air panas. Ramuan dapat diminum seperti teh.