Ragam Tanaman Hias yang Diperbanyak dengan Setek

Pertanianku — Beragam cara perbanyakan tanaman hias bisa dilakukan, mulai dari pembibitan dari biji hingga penyetekan. Cara kedua dinilai mampu menghasilkan tanaman dalam waktu yang lebih singkat. Selain itu, setek juga memiliki keunggulan lain, yaitu mudah dan sifatnya sama persis dengan induknya. Namun, tak semua tanaman hias bisa dilakukan setek. Berikut ini ragam setek tanaman hias yang mudah dilakukan.

Mawar

setek tanaman hias
Foto: pixabay

Tanaman hias populer yang satu ini bisa diperbanyak dengan cara setek. Jenis mawar yang bisa disetek adalah mawar liar dan mawar kampung. Setek mawar dilakukan dengan memilih batang mawar yang sudah cukup tua dilihat dari durinya yang berwarna gelap. Batang yang masih muda biasanya berwarna hijau.

Loading...

Tangkai mawar kemudian dipotong dan ditanam dalam polibag untuk menumbuhkan akarnya. Saat sudah berumur 1—2 minggu, tanaman pun sudah tumbuh akar jika disiram secara rutin. Bunga mawar pun akan mekar jika sudah cukup besar.

Lavender

setek tanaman hias
Foto: pixabay

Selain mawar, lavender juga bisa diperbanyak dengan cara yang sama. Potong batang lavender sepanjang 10—15 cm dari ujung atasnya. Kemudian, tanam batang tersebut ke dalam polibag yang sudah berisi media tanam. Anda bisa menggunakan campuran tanah dan pupuk sebanyak 3:1 bagian.

Siram batang lavender sebanyak 2—3 hari sekali. Air yang diberikan pun jangan terlalu banyak, cukup permukaan tanahnya basah. Setelah dua minggu, pindahkan lavender ke dalam pot dan Anda bisa melanjutkan penanaman di dalam rumah.

Bunga terompet

setek tanaman hias
Foto: pixabay

Setek bunga terompet dilakukan karena bunga ini cukup diminati sebagai tanaman hias. Bunganya yang unik berbentuk seperti terompet dengan kelopak melebar bagian bawahnya.

Cara setek tanaman bunga terompet adalah dengan memotong dahan atau ranting yang sudah tua. Ciri ranting ini adalah sudah berwarna cokelat. Potong sepanjang 30 cm, kemudian rendam dalam air dan simpan di tempat teduh agar akar tumbuh.

Setelah dua minggu, akar akan muncul pada bagian pangkal. Memasuki minggu keempat, tanaman bunga terompet pun siap dipindahkan ke lahan yang sudah disediakan.

Cocor bebek

setek tanaman hias
Foto: pixabay

Berbeda dengan cara setek tanaman hias lain, setek cocor bebek dilakukan dengan metode setek daun. Caranya dengan memotong daun cocor bebek dan taruh di atas tanah. Tunas akan muncul dengan sendirinya. Biarkan beberapa waktu hingga akar tanaman muncul dan tanaman cocor bebek siap dipindahkan ke media tanam.

Loading...
Loading...