Ragam Tanaman Perdu Sebagai Tanaman Hias, Tak Kalah Memikat

PertaniankuTanaman perdu merupakan jenis tanaman yang tumbuh dekat dengan permukaan tanah. Ketinggian tanaman perdu tidak lebih dari 5—6 meter. Oleh karena itu, tanaman perdu cocok digunakan sebagai tanaman pekarangan atau tanaman hias di halaman. Berikut ini beberapa jenis tanaman perdu yang bisa menjadi rekomendasi pilihan tanaman hias.

Philodendron

Tanaman perdu
Foto: pixabay

Tipe rumah minimalis banyak menggunakan Philodendron sebagai tanaman hias. Warnanya yang unik, yakni kuning dan hijau, membuat tanaman ini tampak berbeda dari tanaman hias daun kebanyakan. Biasanya, Philodendron akan ditanam dalam pot. Perawatannya sangat mudah dan termasuk jenis tanaman yang menyukai cahaya matahari dengan intensitas tinggi.

Loading...

Lili paris

Tanaman perdu
FotoL pixabay

Tanaman perdu yang satu ini sering ditanam dalam pot gantung. Walaupun bernama lili paris, faktanya tanaman ini berasal dari Afrika Selatan. Biasanya, lili paris digunakan sebagai tanaman pembatas pada semak, bila tidak ditanam gantung. Warna daun lili paris yang indah membuatnya banyak diminati.

Bromelia

Foto: pixabay

Pernahkah Anda memerhatikan pucuk buah nanas? Penampakan tanaman hias bromelia hampir mirip dengan pucuk buah nanas tersebut. Daun bromelia berwarna merah dan hijau, serta membuka ke atas. Dengan begitu, bromelia memiliki keindahan tersendiri.

Sebenarnya, tanaman bromelia bukanlah tanaman perdu karena dapat mencapai ketinggian 10 meter. Namun, tanaman ini sering dipangkas untuk alasan estetika.

Ekor tupai

Tanaman perdu
Foto: picabay

Ciri khas tanaman ini adalah bentuknya yang mirip dengan ekor tupai. Struktur daun tanaman ini sangat lembut. Bila dipegang, daun ekor tupai sangat mudah patah. Tidak seperti daunnya, batang ekor tupai tergolong keras. Ketinggian tanaman ekor tupai dapat mencapai 1 meter selama dirawat secara rutin.

Rembosa mini

Jangan lupakan tanaman perdu hias tanpa keberadaan rembosa. Tanaman ini banyak digunakan sebagai tanaman hias pagar karena bentuknya yang indah. Rembosa mini dapat dipangkas menjadi lebih rapi dan rata. Rembosa yang beredar di pasaran memiliki warna daun hijau, kuning, dan keemasan.

Baca Juga:  Khasiat Bambu Kuning untuk Mengobati Kolesterol dan Hepatitis

Tanaman soka

Tanaman perdu
Foto: pixabay

Ingin memiliki tanaman perdu berbunga sebagai penghias rumah? Anda bisa bertanam tanaman soka yang memiliki bunga berwarna merah cerah. Penampilannya yang menarik dapat digunakan sebagai penunjang halaman rumah Anda.

 

Loading...
Loading...