Ragam Varietas Tomat yang Biasa Dibudidayakan

Pertanianku — Para petani tomat umumnya membedakan tomat berdasarkan varietasnya. Namun, ada pula penggolongan varietas tomat yang tidak resmi dan sering pula digunakan untuk menyebut jenis-jenis tomat tersebut. Penggolongan ini berdasarkan bentuknya.

penggolongan varietas tomat
Foto: freepik

Tomat biasa

Tomat ini biasa ditanam di dataran rendah. Cirinya adalah bentuk yang bulat pipih dan memiliki alur yang jelas di dekat tangkainya. Tekstur tomat biasa pun lebih lunak dan bisa langsung dikonsumsi sehingga dikenal juga sebagai tomat buah.

Loading...

Tomat ceri

Ukurannya yang sekecil buah ceri membuat buah tomat yang satu ini dijuluki sebagai tomat ceri. Umumnya, tomat ceri banyak dibudidayakan secara hidroponik. Tidak banyak yang tahu, tomat ceri menjadi induk beragam varietas tomat modern yang saat ini mudah ditemui.

Tomat apel

Bentuk tomat apel tampak bulat, kokoh, dan bertekstur yang agak keras. Tekstur ini hampir mirip dengan buah apel atau pir sehingga disebut juga sebagai tomat apel. Jenis tomat apel banyak ditanam di dataran tinggi dan paling sering dijual di pasaran.

Tomat kentang

Dibanding jenis tomat lain, tomat kentang berukuran lebih besar, tapi tidak sebesar tomat apel. Bentuknya bulat dan padat. Bagian dalam tomat kentang juga lebih padat. Tomat kentang juga bisa dikenali dari daunnya yang lebar. Tanaman tomat kentang cocok ditanam di dataran tinggi.

Tomat keriting

Bentuk daun yang keriting membuat tomat ini dijuluki sebagai tomat keriting. Alih-alih terserang virus, buah yang dihasilkan justru memiliki bentuk yang agak lonjong, bertekstur keras, dan memiliki kulit yang tebal. Tomat keriting lebih tahan terhadap pengiriman jarak jauh. Tomat ini juga kerap disebut sebagai tomat gondol atau tipe roma.

Tomat recento

Baca Juga:  5 Tips Mudah Mengolah Sayur Tetap Hijau

Tomat recento tergolong tomat buah karena ukurannya yang besar. Tomat ini akan maksimal jika ditanam di dataran tinggi dengan suhu rata-rata 18 derajat Celcius.

Tomat pir

Warna kuning tomat ini mirip dengan buah pir. Begitu pula dengan bagian dalam buahnya yang juga berwarna kuning. Karena hal itu, tomat ini dijuluki sebagai tomat pir. Buahnya banyak dimanfaatkan sebagai isian salad. Sementara, tanamannya kerap dijadikan tanaman hias.

Loading...
Loading...