Ragam Warna Bagian Tubuh Lovebird


Pertanianku — Lovebird merupakan burung yang menjadi lahan eksplorasi warna yang sangat luas. Para penangkar punya banyak pilihan untuk melakukan mutasi warna yang disengaja, dari sembilan spesies yang ada dalam genus Agapornis ini. Ragam warna bagian tubuh lovebird memang menjadi daya tarik burung ini dan membuatnya memiliki nilai jual tinggi.

Ragam warna bagian tubuh lovebird
Foto: Google Image

Setiap bagian tubuh lovebird memiliki struktur warna tersendiri dan dapat dijadikan panduan awal bagi Anda yang ingin mencetak warna-warna tertentu. Berikut ini ragam warna pada tubuh lovebird yang bisa Anda kenali.

  1. Warna bola mata

Umumnya, bola mata lovebird berwarna hitam. Namun, kini sedang tren lovebird bermata merah yang biasanya hasil mutasi. Lovebird dengan mata merah terlihat pada burung dengan warna albino, lutino, creamino, atau lovebird yang memiliki satu macam mutasi warna.

  1. Warna dasar paruh

Warna paruh lovebird umumnya merah, putih gading, dan pink. Lovebird jenis fischeri dan personata memiliki paruh berwarna merah atau pink. Jenis roseicollis didominasi warna putih gading. Adapun jenis nyasa, pullaria, dan taranta, paruhnya berwarna merah.

Lovebird jenis madagascar (Agapornis cana) juga memiliki paruh berwarna putih gading. lovebird hasil silangan fischeri dan peachface biasanya memiliki paruh berwarna oranye atau merah pudar.

  1. Warna dasar kening (forehead)

Sebagian penangkar sering menyebut warna di bagian kening ini dengan istilah bando. Banyak variasi warna yang dimilikinya, yakni merah, oranye, lime, putih, kuning, hitam, abu-abu, krem, cokelat, dan lain-lain.

  1. Warna dasar topeng (masked)

Topeng (masked) atau bagian yang menutupi wajah lovebird memiliki beragam warna yang cukup menarik. Gradasi dari yang berwarna hitam pekat hingga putih pun bisa Anda temukan.

  1. Warna leher

Warna yang terdapat pada bagian leher biasanya merupakan paduan gradasi warna yang memudar dari bagian topeng (masked). Gradasi warna ini dapat terlihat dari bawah paruh hingga sekitar leher.

  1. Warna kepala

Perbedaan yang jelas antara kepala dan wajah lebih mudah diamati pada jenis lovebird topeng yang bukan berwarna hitam. Warna kepala ini bisa sampai ke bagian punggung lovebird yang biasanya akan dominan sesuai dengan warna kepalanya.

  1. Warna dada dan perut

Warna yang terdapat pada bagian dada hingga perut adalah perpaduan gradasi warna yang harmonis. Warna tersebut cenderung merupakan pemudaran dari warna tua ke warna muda.

  1. Warna punggung

Warna yang terdapat pada punggung meliputi daerah di bawah leher, punggung, sampai pangkal ekor. Perpaduan warnanya cenderung lebih apik, sesuai dengan warna bulu pada pangkal sayapnya.

  1. Warna pangkal sayap

Warna pada pangkal sayap terdiri atas bulu-bulu kecil yang saling menutup. Warna bisa seragam atau bisa juga bercorak-corak sesuai dengan mutasi warna yang terjadi.

  1. Warna ekor

Warna yang terdapat pada ekor mempunyai perpaduan yang indah dan menarik. Berbagai kombinasi warna mulai dari ujung sampai pangkal ekor dapat menjadi menarik pada mutasi warna tertentu.

loading...
loading...