Rahasia Cara Mengolah Jantung Pisang Antipahit

PertaniankuMengolah jantung pisang membutuhkan trik tersendiri. Salah satu bagian pohon pisang ini memang bisa dikonsumsi. Rasanya pun lezat dan dapat diolah jadi beragam jenis hidangan. Sayangnya, pengolahan yang salah justru membuat rasa jantung pisang jadi pahit.

Mengolah jantung pisang
FotoL pixabay

Jantung pisang sendiri bisa didapatkan dengan memetik calon bakal buah pisang yang masih belum terbuka. Jantung pisang bisa dipanen kapan pun selama bagian dalamnya belum membentuk buah sempurna.

Cara mendapatkan jantung pisang bisa dengan dipotong menggunakan pisau. Pemotongan ini bertujuan memisahkan jantung pisang dengan pohonnya. Selanjutnya, bagian jantung pisang harus dibersihkan bagian atasnya karena sering kali muncul getah dari pohon pisang tersebut.

Loading...

Getah pada proses pemotongan inilah yang menimbulkan cita rasa kurang disukai. Jika Anda memilih jantung pisang yang sudah cukup tua, jumlah getah yang dihasilkan pun tidak terlalu banyak.

Alhasil, jantung pisang yang sudah tua cenderung lebih mudah diolah. Rasa pahitnya pun berkurang karena getah dan enzim yang terdapat pada jantung pisang tua tidak sebanyak ketika masih muda.

Tips kedua adalah memilih jenis pohon pisang yang akan diambil jantungnya. Usahakan untuk tidak memilih jenis pohon pisang ambon. Jenis pisang ini memiliki getah yang lebih pahit ketimbang jenis pisang lainnya.

Anda bisa memilih jantung pisang dari varian pohon pisang raja, pisang batu, pisang kepok, pisang susu, dan lain-lain.

Berikutnya, Anda bisa menggunakan bagian jantung pisang hanya yang bagian dalamnya. Sisihkan beberapa lapisan kulit terluar. Lapisan di bagian luar ini cenderung memiliki getah yang lebih banyak. Rasa pahit yang ditimbulkan pun akan lebih besar daripada jika hanya dimasak bagian dalamnya.

Cara terakhir yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi rasa pahit pada jantung pisang adalah dengan mengolahnya terlebih dahulu sebelum dimasak lebih lanjut. Jantung pisang dipotong-potong menjadi ukuran yang lebih kecil. Selain lebih cepat masak, cara ini juga bisa membantu mengeluarkan getah untuk menghilangkan rasa pahit.

Baca Juga:  Keju dari Susu Keledai Termahal di Dunia

Rebus jantung pisang terlebih dahulu dengan air mendidih. Tambahkan garam ke dalam rebusan. Garam ini bisa membantu getah yang ada di dalam jantung pisang menjadi berkurang jumlahnya.

Jika sudah setengah matang, sebaiknya segera matikan kompor. Angkat jantung pisang dan tiriskan. Peras jantung pisang dan masak sekali lagi. Jika sudah, jantung pisang pun bisa diolah menjadi berbagai hidangan favorit keluarga Anda.

Loading...
Loading...