Rahasia di Balik Manfaat Kecombrang untuk Kesehatan


Pertanianku — Kecombrang atau yang sering disebut bunga siantan memiliki nutrisi yang baik untuk kesehatan. Manfaat kecombrang bahkan bisa mengatasi berbagai penyakit, mulai dari yang ringan hingga berat. Bunga kecombrang termasuk edible flower (bunga yang bisa dimakan) yang dijadikan sebagai bahan pelengkap makanan.

Manfaat kecombrang
Foto: Pixabay

Kecombrang dilengkapi dengan berbagai mineral penting seperti kalsium, zat besi, magnesium, zat fosfor, zink, dan potasium. Selain itu, bunga ini juga mengandung nutrisi gizi dan nongizi termasuk lemak, karbohidrat, protein, serat, dan energi. Berikut ini beberapa manfaat kesehatan yang bisa Anda dapatkan dari bunga kecombrang.

  1. Menurunkan demam

Bunga kecombrang berkhasiat untuk meredakan demam dan panas, khususnya pada anak-anak. Selain itu, bunga ini mengandung anti-oksidan dan vitamin lebih banyak pada daun daripada bunganya.

  1. Mengobati penyakit campak

Manfaat bunga kecombrang lainnya, yakni untuk mengobati penyakit campak. Bagi Anda yang menderita penyakit ini, segeralah mengonsumsi bunga kecombrang.

  1. Mengobati anemia

Anemia merupakan salah satu penyakit dimana seseorang kekurangan sel darah merah. Hal tersebut bisa diatasi dengan konsumsi bunga kecombrang. Sebab, bunga ini memiliki kandungan yang dapat menghasilkan sel darah merah.

  1. Menghilangkan bau badan

Bagi yang memiliki masalah bau badan, Anda bisa mencoba untuk mengatasinya dengan konsumsi bunga kecombrang. Hal ini karena bunga kecombrang mengandung beberapa zat penting, yaitu minyak atsiri yang mampu mengatasi bau keringat tak sedap.

  1. Menguatkan tulang

Bunga kecombrang sangat bermanfaat sebagi penguat tulang. Walaupun demikian, disarankan untuk mengonsumsi secukupnya, namun teratur. Manfaat itu didapatkan karena pada bunga kecombrang terkandung sejumlah kalsium dan mineral yang dibutuhkan tubuh manusia untuk menguatkan tulang.

  1. Menyembuhkan luka

Batang kecombrang memiliki sifat anti-mikroba yang efektif untuk mencegah infeksi pada luka. Karena itu, jika Anda terluka, segera manfaatkan kecombrang sebagai obat alternatifnya dengan cara menumbuknya, kemudian tempelkan pada kulit yang terluka.

  1. Menguatkan gigi
Baca Juga:  Manfaat Hebat Daun Jambu Biji untuk Kesehatan

Manfaat dari bunga kecombrang juga bisa untuk menguatkan gigi. Hal ini karena kalsium dalam bunga ini merupakan mineral penting yang diperlukan untuk pembentukan gigi yang kuat dan sehat.