Rahasia di Balik Manfaat Seledri yang perlu Anda Ketahui


Pertanianku — Seledri sudah sangat lumrah dikenal bagi siapa pun yang suka memasak. Mungkin Anda mengira daun seledri hanya untuk bumbu dapur. Ternyata, banyak manfaat seledri yang terkandung di dalamnya.

manfaat seledri
Shutterstock

Seledri memiliki nama Latin Apium graveolens dan di dalamnya terkandung nilai gizi  baik untuk kesehatan tubuh Anda. Simak ulasan berikut ini untuk mengetahui manfaat dan nilai gizi apa saja yang terkandung dalam seledri.

Seledri merupakan sumber vitamin A yang baik. Sementara, batang dari seledri merupakan sumber vitamin B1, B2, B6 dan C. Terdapat pula pasokan kaya potasium, folat, kalsium, magnesium, besi, fosfor, natrium, dan kandungan asam amino esensial yang tinggi.

Vitamin A dan beta karoten adalah anti-oksidan flavonoid alami yang dibutuhkan untuk menjaga selaput lendir sehat dan kulit, dan mata. Sementara itu, terkandung natrium organik alami, yaitu garam dalam seledri yang sangat aman untuk dikonsumsi dan sangat penting untuk kesehatan tubuh.

Bahkan, untuk Anda yang mengalami gangguan dengan kestabilan darah seperti hipertensi masih aman untuk mengonsumsi natrium yang terkandung di dalam seledri. Selain itu, manfaat seledri selalu dikaitkan dengan menurunkan tekanan darah. Padahal, seledri juga dapat membantu Anda dalam menjaga fungsi ginjal.

Untuk atlet, seledri bisa dikonsumsi dengan cara dijus. Hal itu berguna untuk menyempurnakan pascalatihan tonik. Menggantikan elektrolit yang hilang dan rehydrates tubuh dengan kandungan mineral yang terkandung di dalamnya.

Kandungan kumarin yang terdapat di dalam seledri mampu mencegah pembentukan serta perkembangan kanker usus dan perut. Selain itu, seledri mampu menjadi efek pencahar alami yang membantu untuk meringankan sembelit.

Di samping itu, kandungan dari seledri yang dibuat jus dapat membantu mengontrol nafsu makan Anda. Jadi, ini sangat cocok bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan dengan sehat.

Baca Juga:  Yuk, Konsumsi Jamur Saat Sarapan! Ini Manfaatnya
loading...
loading...