Rahasia di Balik Umbi Keladi Tikus


Pertanianku –  Seluruh bagian tanaman keladi tikus mengandung berbagai senyawa aktif berkhasiat. Khusus pada rimpangnya, terkandung senyawa alkaloid,  triterpenoid, polifenol, arginin, triptofan, dan fitol. Senyawa-senyawa aktif ini bekerja sama menggempur berbagai gangguan kesehatan tubuh. Umbi kerabat aglaonema ini memang sudah populer sebagai pengusir sel kanker. Beberapa jenis kanker yang terbukti kalah menghadapi gempuran keladi tikus antara lain kanker payudara, kanker usus, kanker leher rahim, kanker paru-paru, dan leukemia. Berdasarkan hasil riset Peni Indrayudha yang sempat dimuat dalam majalah Trubus edisi Juni 2009 diketahui bahwa keladi tikus mengandung senyawa aktif bernama ribosom inactivating proteins (RIPs) yang dapat meluruhkan sel kanker tanpa merusak jaringan di sekitarnya.

Rahasia di Balik Umbi Keladi Tikus

Selain itu, RIPs juga memblokir pertumbuhan sel kanker dengan jalan memotong materi genetik dari sel kanker tersebut. Keladi tikus tak hanya manjur mengusir kanker. Umbi ini mampu mengatasi frambusia (patek) dan luka koreng. Frambusia merupakan penyakit kulit akibat infeksi bakteri dan mudah menular. Pasalnya, keladi tikus memiliki aktivitas antibakteri yang dibawa oleh senyawa asam lemak jenuh, misalnya asam laurat dan kaprat. Bakteri yang dapat dihalau oleh keladi tikus misalnya Pseudomonas aeruginosa dan Salmonella choleraesuis.

Cara mengobati frambusia menggunakan tanaman ini yakni dengan melumatkan umbi keladi tikus yang telah direndam selama 30 menit. Setelah itu, tempelkan di atas luka pada kulit dan tutup dengan kain. Tidak hanya itu, keladi tikus juga memiliki khasiat hepatoprotektor jika dikonsumsi dengan dosis yang tepat. Senyawa yang membawa manfaat tersebut antara lain koniferin, β-sitosterol, dan β-daukosterol. Ada pula senyawa serebrosida yang berkhasiat antihepatotoksik.

Sumber: Buku Umbi Ajaib Tumpas Penyakit

Baca Juga:  Alpukat dan Almond Bisa Cerdaskan Otak Manusia
loading...
loading...