Rahasia Jamur Shiitake untuk Kesehatan dan Kecantikan

Pertanianku – Jamur shiitake adalah salah satu jenis sayuran yang banyak disukai masyarakat. Selain memiliki rasa yang lezat, jika sudah diolah menjadi berbagai hidangan, jamur shiitake memiliki banyak khasiat. Jamur yang diberi julukan black mashroom ini mampu menyehatkan kulit dan sebagai antiaging, serta menyehatkan rambut dan kuku. Khasiat jamur shiitake tidak hanya itu, jamur shiitake untuk kesehatan dan kecantikan.

Rahasia Jamur Shitake untuk Kesehatan dan Kecantikan

Menurut Dahlia Nurdini dari Program Studi D3 Gizi Stikes MH. Thamrin, Jakarta Timur, jamur shiitake mengandung vitamin D, vitamin K dan vitamin B2 yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Untuk mengetahui khasiat jamur shiitake, di Jepang telah banyak melakukan penelitian intensif. Hasilnya diketahui jika komponen utama dalam jamur shiitake adalah lentinan, anti oksidan, asam amino, seng, enzim-enzim dan khitin. Kandungan asam amino inilah yang kemudian memberi efek memperlancar darah dan berkhasiat positif pada kecantikan dan kesehatan kulit. Jika peredaran darah ke seluruh organ tubuh lancar, maka bisa dipastikan nutrisi akan mampu terangkut ke seluruh bagian tubuh termasuk kulit.

Loading...

Kandungan seng dalam jamur shiitake juga memberi peranan besar pada rambut dan kuku. Sementara itu, kandungan vitamin B2 (riboflavin) yang banyak dalam jamur shiitake berperan dalam pembentukan molekul steroid, sel darah merah dan glikogen, serta menyokong pertumbuhan berbagai organ tubuh, seperti kulit, rambut, dan kuku. Kekurangan riboflavin akan membuat kulit menjadi kering dan bersisik.

jamur shiitake untuk kesehatan dan kecantikan. Jamur ini mengandung vitamin D yang dikenal dengan nama kalsiferol mempunyai fungsi utama untuk pertumbuhan tulang dan gigi. Kandungan vitamin K yang juga banyak terdapat dalam jamur shiitake memiliki fungsi untuk dalam tubuh pembentukan protombin suatu senyawa untuk pengumpulan darah, karena jika kekurangan vitamin K akan menyebabkan perdarahan.

Baca Juga:  Cara Memelihara Bibit Kelapa Sawit yang Masih Berkecambah

Selain ketiga vitamin tersebut dalam jamur juga terdapat zat naicin, asam pantotenat, biotin, dan juga flour yang merupakan zat yang memiliki peran penting bagi tubuh untuk membantu pembentukan tulang, mencegah kerusakan tulang dan gigi.

Kini, khasiat jamur shiitake bisa didapatkan dalam bentuk serbuk, kapsul hingga pil, atau dapat dilakukan dengan cara mengolahnya dalam berbagi hidangan. Salah satunya adalah dengan cara ditumis dengan sedikit minyak atau mentega, atau bisa juga dibuat untuk campuran sup.

Menurut dr. Monita Ardhiningsih, mengonsumsi shiitake dalam keadan masih segar lebih baik daripada yang sudah diolah menjadi bentuk serbuk, pil atau kapsul.

“Alasannya karena dalam keadaan masih segar semua kandungan gizi yang terdapat dalam jamur masih utuh dan tidak berkurang. Untuk jamur shiitake segar biasanya dimakan sebelum payung bagian bawah berubah warna,” ungkap dr. Monita.

Loading...
Loading...