Rahasia Khasiat Ayam Cemani yang Tidak Diketahui Banyak Orang


PertaniankuAyam cemani merupakan ayam lokal asli Indonesia yang sejarahnya berasal dari Pulau Jawa. Kata cemani berasal dari bahasa Jawa kuno yang artinya hitam legam. Warna hitam menyelimuti seluruh tubuh ayam lokal ini mulai dari jengger, pial, paruh, bola mata, rongga mulut, lidah, pelatuk, bulu, sayap, ketiak, lubang dubur, siih, kaki, dan cakar.

Ayam cemani
Foto: Google Image

Ayam ini sangat istimewa pada masanya sehingga sangat disukai dan menjadi peliharaan atau koleksi para gegeden, raja-raja di zaman dahulu kala. Itulah yang membuat ayam ini menjadi sangat eksklusif. Dikutip dari pencintabinatang.com, ada beberapa khasiat ayam cemani yang beredar di masyarakat. Berikut beberapa rahasia khasiat ayam cemani yang tidak diketahui banyak orang.

  1. Darah ayam cemani

Banyak yang percaya darah hitam ayam cemani bisa membuat lelaki kuat dalam berhubungan intim. Banyak juga masyarakat yang percaya, jika darah ayam cemani dioleskan ke kepala bayi, dapat membuat bayi terhindar dari gangguan palasik atau makhluk halus lainnya.

Darah ayam cemani memang memiliki warna yang berbeda dari darah ayam pada umumnya. Namun, secara logika dan medis, khasiat darah ayam cemani itu belum dites dan dibuktikan kebenarannya.

  1. Bulu ayam cemani

Banyak masyarakat Indonesia, termasuk suku Batak, percaya bulu ayam cemani dapat menangkal roh jahat yang akan mengganggu jika bulu tersebut disimpan di dalam dompet. Suku Batak mempercayai jika menemukan ayam cemani di tengah hutan dan menangkapnya, akan mendapatkan berkah dan juga kesehatan dari roh opung mereka yang telah meninggal.

  1. Minyak ayam cemani

Selain darah dan bulu, ternyata masyarakat juga percaya bahwa minyak ayam cemani dapat menyembuhkan luka dalam seperti terkilir atau keseleo. Cara mendapatkan minyak ayam cemani pun sangat mudah hanya tinggal mengukus dagingnya beberapa menit, akan didapatkan minyak asli dari ayam cemani.

  1. Telur hitam ayam cemani
Baca Juga:  Mengejutkan! Ternyata Ini Bahaya Ayam Broiler untuk Kesehatan

Ayam cemani juga bertelur. Namun, hal yang tidak dapat dijelaskan adalah terkadang telur ayam cemani ada yang berwarna hitam. Telur hitam ini dipercaya sebagai pembawa keberuntungan. Jika seseorang menyimpan telur ini, rezekinya akan selalu melimpah.

Untuk mendapatkan telur ini pun tidak sembarangan. Hanya 1 dari 100 ayam cemani yang dapat menghasilkan telur berwarna hitam. Secara logika, tidak mungkin telur dapat mendatangkan keberuntungan tanpa ada usaha dari kita.

  1. Daging ayam cemani

Daging ayam cemani biasanya digunakan sebagai sesajen pada saat acara-acara tertentu. Seperti pada saat berziarah atau pada saat acara adat yang dipadu dengan nasi tumpeng.