Rahasia Sukses Budidaya Singkong Gajah

Pertanianku — Salah satu jenis tanaman singkong yang berkualitas unggul ialah singkong gajah. Karena jenisnya berbeda, Anda pun membutuhkan teknik tersendiri dalam budidaya singkong gajah. Pada dasarnya, singkong gajah memerlukan perawatan yang lebih intensif agar dapat tumbuh dengan baik. Begitu pula dengan pupuk yang diberikannya pun jauh lebih kompleks supaya kebutuhan nutrisinya tercukupi.

budidaya singkong gajah
Foto: Google Image

Bibit singkong gajah yang Anda tanam harus murni dan sama sekali tidak tercampur dengan jenis singkong lainnya. Hal lain yang perlu diperhatikan yakni penyisipan untuk setek yang mati bisa dilaksanakan setelah 15—20 hari setelah penanaman. Anda juga harus memastikan kondisi lahan yang akan ditanami bibit singkong gajah dalam kondisi yang subur dan gembur.

Bibit singkong gajah sebaiknya ditanam pada jarak 1 × 1,5 meter. Bila memungkinkan, buatlah jarak yang 1,5 meter mengarah ke utara dan selatan. Tujuannya adalah memaksimalkan cahaya matahari yang dapat diterima oleh tanaman. Usahakan untuk menanam bibit ini pada awal musim penghujan sehingga kebutuhan airnya tercukupi.

Loading...

Anda harus menyesuaikan jenis dan dosis pupuk yang dipakai dengan kondisi lahan. Pemupukan dasar dikerjakan bersama-sama dengan penaburan dolomit. Dosis pemakaian pupuk maksimalnya ialah 10 ton per hektare. Pupuk kimia berupa NPK sebanyak 75 gram per pokok (batang) dapat diterapkan pada usia 1 bulan.

Selanjutnya, pemupukan kedua menggunakan pupuk NPK sebanyak 100 gram per pokok. Dan untuk pemupukan terakhir memakai NPK sebanyak 100 gram per pokok yang dilaksanakan pada umur 5 bulan. Cara penerapan pupuk NPK yang benar ialah ditaburkan di sekeliling pangkal pokok dalam jarak sekitar 5 jari.

Sementara itu, pendangiran (penggemburan tanah) dapat dilaksanakan secara mekanis ataupun kimiawi. Jika luas lahan cukup besar, pendangiran memakai bahan-bahan kimia terbilang lebih efektif dan efisien.

Baca Juga:  Jenis-jenis Bawang Putih Lokal

Pohon singkong gajah yang usianya sudah mencapai 1,5 bulan bisa dipangkas pada bagian-bagian tanaman yang tidak perlu. Pilih hanya satu saja batang yang akan ditumbuhkan, sedangkan batang-batang yang lain wajib dipangkas. Adapun batang yang akan dipelihara dipilih yang benar-benar sehat dan subur.

Keunikan tanaman singkong gajah adalah setiap batangnya selalu bercabang tiga. Ketiga cabang ini akan menumbuhkan cabang lagi masing-masing sebanyak tiga cabang. Jadi, bisa disimpulkan bahwa setiap tanaman mempunyai ujung cabang sebanyak 9 tangkai.

Pada tanah yang subur, kesembilan cabang tadi akan menumbuhkan cabang lagi sebanyak tiga cabang. Dengan demikian, total cabang yang dimiliki oleh tanaman singkong gajah saat berumur 10 bulan ialah 27 cabang.

Loading...
Loading...