Rahasia Sukses Menanam Cabai di Musim Hujan

Pertanianku Menanam cabai di musim hujan masih menjadi momok bagi sebagian petani karena terbilang cukup sulit dan banyak serangan hama yang mengintai. Meskipun sulit, sebenarnya Anda tetap bisa merasakan manisnya keuntungan dari menanam cabai di musim hujan apabila proses bertanam dilakukan dengan trik-trik khusus seperti di bawah ini.

menanam cabai di musim hujan
foto: Pertanianku

Gunakan varietas yang tahan di musim hujan

Tidak banyak varietas cabai yang tahan di musim hujan. Untuk varietas cabai lokal, Anda dapat menggunakan cabai super tit LV dan keriting lokal. Sementara itu, untuk jenis cabai hibrida pilihan, Anda bisa menggunakan hot beauty, senopati, sakti dan nunhems, new taro, begayo, kunthi, lado, hybrid TM-99, marathon, CTH-01, dan homeflavor.

Lokasi menanam yang tepat

Lokasi menjadi salah satu faktor penting yang dapat menunjang keberhasilan menanam cabai ketika musim hujan. Usahakan lahan yang dipilih bukan lahan bekas tanaman Solanaceae, seperti tomat, kentang, terung, dan sebagainya. Selama musim hujan, lokasi tersebut harus mendapatkan penyinaran yang optimal. Kondisi tanah di lokasi tidak liat dan tidak masam.  Lakukan penanaman di dataran rendah dengan ketinggian sekitar 200—600 m dpl.

Lakukan pengolahan lahan dengan tepat

Kunci keberhasilan lain ketika menanam cabai saat musim hujan adalah pengolahan lahan. Perhatikan saluran pembuangan air agar sistem drainase di lahan berjalan lancar sehingga tidak ada air yang menggenang di lahan. Pengolahan lahan untuk menanam cabai ketika musim hujan berbeda dengan musim kemarau. Misalnya, bedengan harus dibuat kuat agar mampu mengantisipasi banjir.

Kendalikan hama dan penyakit secara tepat

Hama dan penyakit pohon cabai dapat lebih mudah berkembang biak di musim hujan sehingga serangannya menjadi lebih intens dari biasanya. Oleh karena itu, Anda perlu mengambil langkah preventif secepat mungkin sebelum hama dan penyakit berkembang biak semakin banyak.

Baca Juga:  Mengulik Beragam Manfaat Jerami Padi

Langkah pengendalian harus dilakukan sesuai dengan jenis hama yang menyerang. Anda bisa membacanya di buku 8 Rahasia Sukses Tanam Cabai Tahan Hujan terbitan Penebar Swadaya.

Lakukan panen dan pascapanen secara tepat

Cabai sudah bisa dipanen setelah berumur 2—3 bulan setelah panen pertama. Proses panen dan pascapanen cabai harus dilakukan dengan benar karena dapat memengaruhi kualitas cabai yang akan dipasarkan. Sebagaimana yang diketahui, semakin tinggi kualitas cabai akan semakin tinggi juga harganya.

Seluruh rahasia tersebut dibahas secara jelas di dalam buku 8 Rahasia Sukses Tanam Cabai Tahan Hujan. Masih ada rahasia-rahasia lain yang dapat membantu Anda bertanam cabai di tengah musim hujan. Untuk mendapatkannya sebagai referensi usaha, Anda bisa langsung menghubungi WhatsApp admin Penebar Swadaya.