Rahasia Tentang Kemangi yang Wajib Anda Tahu


Pertanianku — Anda pasti sering menemukan kemangi di beberapa jenis masakan yang Anda santap, seperti lalapan. Lalapan tanpa kemangi terasa tidak lengkap. Anda bahkan mungkin sering menggunakan kemangi ini pada beberapa masakan. Kemangi memang memiliki bau khas yang menambah selera. Namun, apakah Anda sudah mengetahui rahasia tentang kemangi?

rahasia tentang kemangi
Foto: Dok. Pertanianku

Menurut botanicalinterests.com, untuk banyak orang, kemangi ini adalah tanaman yang menakjubkan. Fungsi dari tanaman yang satu ini sangatlah banyak. Selain bisa digunakan sebagai pelengkap makanan Anda, kemangi juga bisa dijadikan obat. Banyak penyakit bisa disembuhkan dengan tanaman obat yang satu ini.

Kemangi sendiri memiliki kurang lebih 150 jenis. Dari sekian banyak jenis kemangi tersebut, terdapat satu jenis kemangi yang paling banyak dikenal dan digemari oleh orang-orang.

Kemangi yang dimaksud adalah kemangi manis yang memiliki nama Latin Ocimum basillicum. Dikarenakan kepopulerannya ini, kemangi jenis ini banyak ditanam oleh orang-orang di hampir seluruh penjuru dunia.

Kemangi ini sebenarnya berasal dari Benua Asia pada umumnya dan Negara India pada khususnya. Berasal dari negara tersebut, kepopuleran kemangi kemudian tersebar hingga di negara-negara di Eropa dan kemudian di seluruh dunia.

Banyak dari negara di Eropa tersebut yang masih menggunakan kemangi hingga saat ini untuk berbagai macam keperluan. Di Inggris misalnya, satu pot berisi kemangi biasanya diberikan oleh istri dari seorang petani kepada tamunya. Satu contoh lainnya adalah kebiasaan di Italia yang menjadikan kemangi sebagai simbol cinta.

Baca Juga:  Benarkah Menelan Biji Cabai Jadi Penyebab Usus Buntu?