Rajin Konsumsi Buah dan Sayur Ini Dapat Menjaga Kesehatan Jantung


Pertanianku – Menjaga kesehatan jantung bisa dimulai dari menjalani pola hidup sehat seperti rutin mengonsumsi buah, sayuran, ikan, serta tak lupa berolahraga setiap hari.

Kesehatan jantung bisa dipengaruhi oleh makanan atau minuman yang Anda konsumsi. Salah memilih makanan dapat membahayakan kesehatan jantung. Sebab, beberapa makanan diketahui dapat meningkatkan risiko terkena serangan jantung seperti junk food, makanan berlemak tinggi dan olahan, serta asupan manis. Untuk itu, Anda perlu cermat memilih makanan untuk dimasukkan ke menu diet harian.

Memilih makanan yang tepat dapat menjamin kesehatan jantung terjaga. Berikut beberapa makanan yang wajib dikonsumsi untuk menjaga kesehatan jantung:

Buah segar

Buah segar mengandung serat, anti-oksidan, vitamin, dan mineral yang diperlukan untuk menjaga kesehatan tubuh. Anti-oksidan juga membantu mencegah kerusakan lebih lanjut pada sistem peredaran darah.

Alpukat atau Avokad

Alpukat atau avokad mengandung potasium yang mengendalikan tekanan darah dan irama jantung. Sementara itu, lemak tak jenuh tunggal dalam alpukat juga menurunkan kadar kolesterol jahat. Karenanya, alpukat termasuk salah satu makanan terbaik yang membantu mencegah serangan jantung seperti dikutip dari laman Boldsky (8/5).

Bayam

Bayam diketahui bisa mengurangi enzim tertentu yang berperan dalam memicu penyakit jantung. Sayuran ini juga dipenuhi dengan serat dan vitamin yang menjamin kesehatan jantung.

Kacang hitam

Kacang hitam mengandung cukup serat yang membantu menurunkan kadar kolesterol. Karenanya, mengonsumsi kacang hitam rutin menghindarkan Anda dari risiko serangan jantung.

Ikan kembung

Ikan kembung kaya akan omega-3 yang membantu menurunkan kolesterol jahat atau LDL, tekanan darah, dan menjaga elastisitas pembuluh darah. Ikan ini juga merupakan sumber vitamin D yang efektif mengurangi tekanan darah sehingga mencegah serangan jantung.

Baca Juga:  Makan Tomat Bisa Kurangi Kolesterol Jahat? Begini Kata Peneliti
loading...
loading...