Rajin Makan Sayur dan Buah Bikin Pria Lebih Pintar


Pertanianku — Seperti yang kita tahu, sayur dan buah sangat bermanfaat bagi tubuh karena banyak mengandung zat gizi. Penelitian terbaru dari Amerika Serikat menyebutkan bahwa rajin makan sayur dan buah bikin pria lebih pintar. Penelitian ini dilakukan pada pria paruh baya yang banyak makan sayur dan buah.

makan sayur dan buah
Foto: Pixabay

Penelitian ini menganalisis perilaku 28 ribu pria berusia 51 tahun selama dua dekade. Setiap empat tahun, para partisipan diminta menjelaskan apa saja makanan serta asupan buah dan sayur yang dikonsumsi. Selanjutnya, ketika mereka berusia 73 tahun diminta untuk mengikuti tes kemampuan berpikir dan ingatan.

Dari tes itu peneliti menemukan bahwa pria yang rajin makan sayur selama 20 tahun terakhir, berisiko mengalami masalah kognitif tingkat sedang 17 persen lebih kecil dan 34 persen lebih kecil juga untuk penurunan fungsi kognitif.

Sementara, konsumsi buah yang teratur tidak memengaruhi masalah kognitif tingkat sedang. Akan tetapi, pria yang rajin minum jus jeruk berkemungkinan 47 persen lebih kecil mengalami penurunan fungsi kognitif.

“Asupan sayuran dalam jangka waktu lama (seperti sayuran hijau, oranye, dan merah), buah (seperti keluarga buah berry), jus buah (seperti jus jeruk) dapat bermanfaat bagi fungsi kognitif para pria di masa mendatang,” kata pemimpin penelitian dari Harvard T.H. Chan School of Public Health Changzheng Yuan seperti dilansir dari Reuters.

Yuan juga memberi catatan khusus mengenai konsumsi jus buah, “Lebih baik untuk mengonsumsi jus buah tidak lebih dari satu gelas kecil per hari.”

Sayur dan buah memang baik untuk otak karena kaya vitamin dan nutrisi. Nutrisi pada sayur dan buah membantu otak melawan stress oksidatif dan mempertahankan fungsi vaskular, terutama berkaitan dengan kesehatan kognitif.

Baca Juga:  Kulit Buah Apel Punya Manfaat Menakjubkan, Lho!