Rajo Temon, Avokad Mentega asal Lampung Selatan

Pertanianku — Pada November 2021 Pemerintah Daerah Kabupaten Lampung Selatan melalui Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan sudah mendaftarkan dua varietas avokad atau alpukat lokal yang bernama Rajo Temon dan Sipit Klawi. Avokad Rajo Temon berasal dari ujung utara Kabupaten Lampung Selatan, tepatnya di Kecamatan Natar.

rajo temon
foto: Pixabay

Rajo Temon sudah sejak era 1980-an dibudidayakan oleh masyarakat setempat. Berdasarkan hasil identifikasi deksripsi tanaman yang dilakukan tim Sumber Daya Genetik (SDG) Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BTP) Lampung, berikut ini karakteristik deskripsi tanaman avokad Rajo Temon.

Tanaman

Bentuk tajuk tanaman avokad Rajo Temon circular dengan vigor yang kuat, pola percabangan ekstensif, dan sebaran percabangan iregular. Sudut batang utama acute, bentuk penampakan batang bulat dengan permukaan kulit batang kasar. Kulit batang berwarna greyed red group 201A dan rantingnya berwarna hijau muda dengan permukaan yang halus.

Daun

Daun avokad Rajo Temon berbentuk oval, bentuk dasar daun/pangkal acute (runcing), lebar daun sekitar 10,6 cm, dan panjang daun sekitar 16,48 cm. Daun tanaman bagian atas berwarna hijau grup N127A, sedangkan warna daun bagian bawah berwarna hijau grup N138C. Pada tangkai daun terdapat alur/garis, sudut tangkai daun acute (90), panjangnya mencapai 4,38 cm, tepi daun rata, relief of venation on upper surface sunken (cekung), bentuk ujung daun tanjung, dan tekstur permukaan daun soft (halus).

Bunga tanaman

Bunga avokad berbentuk bulat dengan posisi rangkaian bunga axillary. Bunga dan mahkotanya berwarna grayed-green grup 193A dan kelopak bunganya berwarna green-white grup 157A. Jumlah kelopak dan mahkota bunga sebanyak 6 buah dengan jumlah bunga per rangkaian bunga, yakni 6 bunga dan panjang tangkai bunga mencapai 0,375 cm. Benang sari dan bagian kepala putik berwarna green-white grup 157A.

Baca Juga:  Jenis-jenis Buah Delima

Bentuk buah Rajo Temon

Buah avokad Rajo Temon berbentuk bulat sampai lonjong dengan panjang buah mencapai 139,97 cm dan berdiameter 79,898 cm. Bentuk pucuk buah datar dengan posisi yang tidak simetris. Kulit buah yang sudah masak dan masih muda sama, yakni yellow green grup 144A. Ketebalan daging buah mencapai 18,3 mm dengan tekstur daging buah yang buttery.