Rambutan Gundul Asal Kalimantan Selatan

Pertanianku — Rambut pada buah rambutan merupakan salah satu identitas yang paling dikenal dari buah tersebut. Namun, apa jadinya jika rambut dari buah tersebut menghilang, akankah namanya tetap rambutan? Faktanya, memang ada buah rambutan yang tidak berambut, buah tersebut bernama rambutan gundul.

rambutan gundul
foto: http://kalsel.litbang.pertanian.go.id/

Rambutan gundul berasal dari Kalimantan Selatan dan kini keberadaannya mulai langka. Padahal, buah tanaman ini sangat diminati oleh masyarakat, bahkan dapat berkhasiat sebagai obat. Orang Banjar menyebut buah ini dengan nama maritam, sedangkan orang Dayak menyebutnya dengan tenggaring. Di tempat lain, buah ini bernama kapulasam.

Maritam atau Nephelium mutabile memiliki bentuk fisik yang hampir sama seperti buah rambutan umumnya, hanya kulit buah tidak diselubungi oleh rambut. Kulit buah ini berwarna merah kehitaman, tetapi ada juga rambutan gundul berwarna kuning.

Berdasarkan penelitian, buah ini berpotensial menjadi tanaman obat. Pada bagian kulit buah terkandung senyawa metabolit sekunder flavanoid, saponin, tanin, dan steroid. Sementara itu, di bagian biji buah terdapat alkaloid dan steroid. Pada bagian daun terdapat senyawa fenolik, bersifat sitotoksik, dan berpotensi menjadi penghasil antioksidan.

Di Malaysia, buah rambutan gundul dibudidayakan untuk diambil buahnya. Buah tersebut dijadikan buah konsumsi dan bahan baku pembuatan obat antikanker.

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa kulit buah maritam mampu menghambat pertumbuhan HT-29, bahkan kandungan yang ada di dalam buah dapat membunuhnya. Pasalnya, senyawa tersebut bersifat sikotoksik (dapat meracuni sel kanker) sehingga buah ini sering digunakan pada proses kemoterapi penyakit kanker.

Tanaman dapat tumbuh hingga setinggi 5—15 meter, permukaan batangnya kasar, daun tanaman berbentuk lanset dengan jumlah 2—5 pasang dan berwarna hijau. Buah tanaman berbentuk ovoid dan ada juga yang berbentuk oblong.

Baca Juga:  Kandungan Super Ajaib Pepaya, Buah Murah yang Kaya Manfaat

Sama seperti buah rambutan umumnya, buah rambutan gundul ada yang mengelotok dan tidak mengelotok. Berdasarkan rasa aril, rambutan ini terbagi menjadi dua tipe, yakni buah dengan rasa aril manis dan asam, serta buah yang memiliki rasa manis dan mengelotok. Kadar kemanisan buah rambutan ini dapat lebih tinggi daripada rambutan umumnya.

Buah rambutan gundul memiliki karakter kulit yang tebal dan tidak ada rambut (spintern). Tidak seperti buah rambutan umumnya yang berkulit tipis dan memiliki umur simpan yang sangat cepat.