Formula Pakan Ayam Petelur yang Tepat


Pertanianku – Salah satu faktor penting yang menentukan keberhasilan usaha peternakan, termasuk budi daya ayam petelur adalah kualitas dan sistem pemberian pakan. Pakan yang berkualitas baik dan diberikan dengan cara yang tepat dapat menghasilkan produksi ayam petelur yang optimal.

Ramu Pakan Ayam Petelur yang Tepat

Biaya pakan merupakan komponen terbesar dalam usaha ayam petelur sehingga peternak dituntut untuk menggunakan pakan yang murah, tetapi berkualitas. Formulasi ransum idealnya memerlukan pemahaman mendalam tentang beberapa parameter, seperti level energi yang harus dipertahankan dalam pakan dan keseimbangan profil asam amino dan elektrolit pada pakan. Apabila unsur nutrisi (nutrien) tersebut tidak dikontrol secara tepat, dapat memberikan pengaruh yang negatif pada performa ayam petelur dan keuntungan bisnis.

Biaya pakan dalam usaha peternakan yang mencapai sekitar 70—80% menuntut para peternak ayam petelur untuk dapat menggunakan pakan semurah mungkin, tetapi masih memenuhi kebutuhan nutrien ternak, baik untuk pertumbuhan maupun produksi telur. Sebagian besar peternak ayam petelur masih mengandalkan pakan jadi (pakan komersial) dari pabrik pakan dalam sistem pemeliharaan ternaknya. Namun, peternak sangat perlu untuk melakukan formulasi dan produksi ransum sendiri karena harga pakan ayam petelur terus meningkat. Tujuannya agar biaya operasional yang dikeluarkan masih di bawah pendapatan yang dihasilkan.

Menghitung formulasi ransum sendiri sebenarnya tidak sulit karena sudah banyak program komputer khusus untuk formulasi ransum. Selain itu, peternak bisa menyusun ransum secara coba-coba (trial and error) dengan menggunakan program MS Excel sehingga dapat menghemat waktu penghitungan.

Baca Juga:  Ada Temuan Baru! Domba Mampu mengenali Wajah Selebriti
loading...
loading...