Ramuan Herbal Daun Salam untuk Tumpas Penyakit

Pertanianku Daun salam termasuk bumbu dapur yang sering digunakan karena tanaman ini dapat membuat aroma masakan menjadi lebih harum. Salam (Syzygium polyanthum) ternyata bisa berperan sebagai ramuan herbal untuk mengatasi beberapa penyakit.

daun salam
Foto: Pertanianku

Di dalam daun salam terdapat vitamin C, vitamin B kompleks, minyak atsiri, sitral dan eugenol, serta tannin dan flavonoida. Penyakit yang dapat diatasi antara lain asam urat, diare, kolesterol tinggi, perih di lambung akibat maag, gatal-gatal atau sakit kulit, dan kencing manis.

Untuk Anda yang memiliki alergi atau ibu hamil dan menyusui, sebaiknya batasi jumlah penggunaan daun salam. Sebaiknya, konsumsi daun salam di bawah pemantauan dokter atau herbalis terlebih dahulu.

Daun salam dapat menimbulkan efek samping berupa masalah pencernaan karena daun sulit dicerna. Kondisi tersebut juga bisa berdampak pada penderita asma dan sensitivitas lidah menjadi sedikit terganggu. Masalah sulit buang air besar akibat daun ini bisa diatasi dengan menambah ekstrak daun cincau ke dalam ramuan. Kombinasi kedua tanaman herbal tersebut mampu menurunkan tekanan darah tinggi dan menghindari konstipasi.

Berikut ini beberapa resep ramuan herbal dari daun salam sesuai dengan jenis penyakitnya.

Asam urat dan kencing manis

Rebus beberapa lembar daun salam dengan 700 cc air atau setara 3,5 gelas hingga airnya tersisa satu gelas. Setelah itu, diamkan agar suhu air rebusan turun. Selanjutnya, saring air rebusan dan minum saat masih hangat.

Diare

Bersihkan 15 gram daun dan rebus dengan satu gelas air bersih selama 15 menit. Selanjutnya, tambahkan sedikit garam. Diamkan air rebusan selama beberapa menit, lalu saring dan minum ramuan.

Kolesterol tinggi

Rebus 7 lembar daun salam dan 30 gram daun ceremai dengan 600 cc air hingga airnya tersisa 300 cc. Minum air rebusan secara teratur untuk mengendalikan kadar kolesterol.

Baca Juga:  Manfaat Kulit Rambutan sebagai Obat Herbal

Perih di lambung akibat maag

Rebus daun salam sebanyak 15 helai dengan ½ liter air hingga mendidih. Tambahkan gula merah secukupnya dan minum ramuan sebagai teh di pagi hari hingga rasa penuh dan perih di lambung menghilang.

Gatal-gatal dan sakit kulit

Giling halus daun atau kulit batang yang sudah dicuci menjadi seperti bubur. Setelah itu, balurkan ke bagian yang terasa sakit.